Bos Bea Cukai: Sistem Manifest Generasi III Buat Bongkar Muat Jauh Lebih Cepat

Senin, 7 Januari 2019 14:16 Reporter : Anggun P. Situmorang
Bos Bea Cukai: Sistem Manifest Generasi III Buat Bongkar Muat Jauh Lebih Cepat Konpers Dirjen Bea Cukai terkait Manifes Generasi III. ©2019 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Bea Cukai meluncurkan Manifest Generasi lll. Ini merupakan salah satu inovasi dalam rangka mempermudah kelancaran arus barang di Indonesia.

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi mengatakan, Manifest Generasi III dapat membuat waktu bongkar muat barang (dwelling time) khususnya pre-clearance di pelabuhan menjadi lebih cepat. Sementara di bandara, terjadi percepatan proses clearance.

"Terjadi penurunan pre-clearance di pelabuhan sebesar 0.81 hari atau 19,69 persen setelah mandatori sistem Manifest Generasi III. Manfaat lainnya yang juga dirasakan adalah percepatan proses clearance di Bandara," ujar Heru di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (7/1).

Manifest Generasi III telah menghilangkan proses perincian pos manifest yang selama ini mencapai 11.500 proses per bulan. Hal ini mengakibatkan proses clearance berkurang sebesar 2 hingga 8 jam atau sebesar 80 persen dari sebelumnya, serta mengurangi biaya, dan beban administrasi.

Tidak hanya itu, dengan pengimplementasian Manifest Generasi III telah mengurangi proses redress manifest. Pada awal masa pemberlakuan sistem seIf-correction redress manifest pada sistem Manifest Generasi III, proses redress berkurang sebesar 22,75 persen dari yang selama ini rata-rata mencapai 550 permohonan per bulan.

Berbagai tanggapan positif juga disampaikan oleh beberapa asosiasi dan perusahaan di antaranya INSA, ALFI, ASPERINDO, dan lATA. "Para stakeholder menyampaikan tanggapan positif di antaranya penyampaian manifest dapat langsung dikirimkan ke sistem bea cukai secara online sehingga proses penyampaiannya berjalan lebih efisien dan efektif," jelasnya.

"Koreksi data dapat dilakukan secara online tanpa harus datang ke Kantor Pabean, dan mempercepat penyampaian Pemberitahuan lmpor Barang," sambung Heru.

Manifest Generasi Ill yang telah diimplementasikan secara penuh di seluruh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai merupakan komitmen nyata dalam pelaksanaan reformasi dan menjawab tuntutan zaman. Perubahan ini ditujukan untuk dapat menciptakan tata niaga yang lebih lebih efektif, mudah, cepat, murah. dan transparan.

"Bea Cukai juga mengharapkan kerja sama baik dari Kementerian atau Lembaga terkait, serta para pengguna jasa untuk dapat segera mengimplementasikan program ini untuk guna mewujudkan kemudahan berusaha di Indonesia yang makin baik," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini