Bos BCA Sambut Positif Kehadiran LinkAja, Berharap Tumbuhkan Kesadaran Non Tunai

Jumat, 22 Februari 2019 14:10 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Bos BCA Sambut Positif Kehadiran LinkAja, Berharap Tumbuhkan Kesadaran Non Tunai Dirut BCA Jahja Setiaatmadja soal LinkAja. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - TCASH hari ini baru saja resmi berganti menjadi LinkAja. LinkAja diklaim menghadirkan layanan keuangan elektronik yang lebih baik, mudah dan lengkap bagi masyarakat Indonesia.

Menanggapi langkah ini, Presiden Direktur Bank Central Asia (BCA), Jahja Setiaatmadja, mengatakan bahwa pihaknya menyambut positif langkah tersebut.

"Saya kira pasar kan bebas saja. Demand kita sehari saja bahkan bisa 25 juta (transaksi). Jadi saya pikir tidak apa-apa bikin (sistem) payment seperti itu," kata dia saat ditemui di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (22/2).

Dia berpandangan dengan semakin banyaknya sistem pembayaran digital seperti itu, maka hal ini akan mengurangi penggunaan uang tunai alias mendorong transaksi cashless. "Jadi kalau ada makin banyak payment platform mudah-mudahan kebutuhan uang tunai menurun. Jadi itu positif," ungkapnya.

Terkait strategi BCA sendiri dalam menghadapi persaingan berbagai produk uang elektronik, Jahja mengatakan meskipun belum digitalisasi, pihaknya telah memiliki sejumlah sistem pembayaran melalui platform sejumlah merchant yang bekerjasama dengan BCA.

"Sekarang kita kan sudah ada platform merchant-merchant, BCA Card, ATM Card, itu kan semuanya platform, sama saja. Cuma bedanya belum digitalize saja," jelas dia.

"Jadi bukan kita bikin sendiri, tapi kita taruh di tempat orang seperti misalnya BliBli, Shopee, itu kita coba taruh (sistem) OneKlik kita. Kita taruh di situ, jadi sama aja kan," tandasnya.

Seperti diketahui, LinkAja adalah sebuah layanan keuangan elektronik yang merupakan sinergi layanan keuangan elektronik dari berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini