Bos BCA: 75 Persen Transaksi Keuangan Kini Gunakan Mobile Banking

Rabu, 6 November 2019 15:45 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bos BCA: 75 Persen Transaksi Keuangan Kini Gunakan Mobile Banking Peluncuran BCA Keyboard. ©2019 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, mengakui bahwa perkembangan teknologi saat ini berpengaruh besar terhadap pola perubahan yang terjadi di masyarakat. Hal ini tercermin dari perilaku masyarakat ketika ingin melakukan transaksi keuangan.

Dia menyebut transaksi yang dilakukan di ATM saat ini hanya sekitar 23 persen saja, sementara yang dilakukan di cabang BCA hanya mencapai 1,8 persen. Sementara, 75 persen sisanya masyarakat sudah menggunakan mobile banking untuk melakukan transaksi keuangan.

Padahal jika berkaca pada 2007 lalu, masyarakat yang melakukan transaksi di ATM jumlahnya mencapai 71 persen. Sementara, 17 persen dilakukan di beberapa cabang-cabang yang ada di BCA dan sisanya menggunakan mobile banking.

"Begitu cepat perubahan sehingga sepertinya cabang tak begitu diperlukan lagi. Tetapi kalau dilihat berapa nilai transaksi di cabang ternyata 1,8 persen transaksinya nilainya meningkat. 5 tahun lalu apakah saya sudah tahu 2019 seperti ini perbankan? Jawaban saya tak terbayang. Akselerasi teknologi berkembang luar biasa," kata di Jakarta, Rabu (6/11).

Dia menambahkan, dengan perkembangan teknologi saat ini, ke depan bukan tidak mungkin pola pengemis di lampu merah pun akan berubah. "Ke depan yang akan datang bahkan di lampu merah pun pengemis tak lagi datang dengan topi, tapi dengan gadget. Itu akan terjadi yang paling drastis," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini