Bos Bappenas: Masih Ada Warga DKI Belum Nikmati Sanitasi Layak

Rabu, 10 April 2019 16:15 Reporter : Merdeka
Bos Bappenas: Masih Ada Warga DKI Belum Nikmati Sanitasi Layak Bambang Brodjonegoro. Istimewa ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meminta Pemprov DKI Jakarta untuk fokus pada tiga hal dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020. Salah satunya yakni infrastruktur layanan dasar yang mencakupi air bersih dan sanitasi.

"Karena bagaimanapun masih ada warga DKI yang belum menikmati sarana sanitasi yang layak. Khususnya air bersih yang disalurkan melalui rumah tangga," kata Menteri Bambang di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (10/4).

Kemudian, dia juga meminta Pemrov DKI fokus dalam transportasi di Ibu Kota. Dia mendukung adanya perubahan-perubahan dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Karena itu, Bambang menyarankan agar memprioritaskan pembangunan transportasi kota berbasis rel. "Apakah itu di subway di bawah tanah apakah itu LRT, apakah itu commuter pada intinya angkutan umum berbasis rel harus menjadi prioritas," ucapnya.

Selain itu, Bambang menyarankan agar pembangunan infrastruktur DKI Jakarta hingga 2030 tidak memprioritaskan penggunaan APBD ataupun APBN. Pembangunan itu mencakup pemukiman, transportasi perkotaan hingga infrastruktur.

"Tetapi mengandalkan kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU) maupun partisipasi swasta secara penuh," jelasnya.

Reporter: Ika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini