Bocoran Tarif Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja

Kamis, 29 September 2022 14:09 Reporter : Merdeka
Bocoran Tarif Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ruas Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja (Tol Serbaraja) Seksi 1A telah beroperasi secara fungsional, alias gratis setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 September 2022 kemarin. Setelah beroperasi fungsional selama 14 hari, kedua ruas tersebut bakal mulai dikenakan tarif tol mulai awal Oktober 2022 mendatang.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Endra S Atmawidjaja memberikan sedikit bocoran soal pengenaan tarif tol pada Jalan Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja.

Endra mengabarkan, perhitungan tarif untuk keduanya sudah dirilis, namun belum dikenakan selama masa fungsional. "Tarifnya sudah keluar, tapi belum pemberlakuan," ujarnya di Kantor Pusat Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (29/9).

Untuk nominalnya, Endra mengatakan, kendaraan golongan I akan dikenai tarif tol cukup tinggi per kilo meter-nya, lantaran kedua ruas tersebut masuk dalam proyek jalan tol generasi ketiga.

"Rp1.500 ke atas, karena tol generasi ketiga harga tanahnya juga makin tinggi, investasinya makin naik. Jadi memang generasi ketiga ini di atas Rp1.300 per Km," terangnya.

2 dari 2 halaman

Tol Cibitung-Cilincing

Khususnya untuk Tol Cibitung-Cilincing, yang diperuntukkan untuk lalu lintas kendaraan logistik dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok.

"Tapi sekali lagi, Cibitung-Cilincing itu kan memang lebih diutamakan untuk golongan III, karena itu akses langsung ke pelabuhan. Jadi kalau kita mobil kecil, katakanlah harga per km di atas Rp1.500 (per Km)," jelasnya.

"Dengan jarak tol 27 Km, itu kan lumayan (total tarif Tol Cibitung-Cilincing). Tapi untuk truk logistik kan tidak terlalu terasa," sambung Endra.

Begitu juga di Tol Serbaraja Seksi 1A, yang bakal dikenai ongkos di atas Rp1.500 per Km. "Saya kira sama, itu kan masih 4,5 Km," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Viral Marah-Marah saat Tilang Pengendara, Anggota Polsek Cijeruk Diperiksa Propam
Progres Pembangunan Tol Semarang-Demak Capai 94 Persen, Target Selesai Tepat Waktu
Menteri PUPR Ingin Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1-4 Beroperasi Jelang Libur Nataru 2022
Konstruksi Jalan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Capai 93 Persen, Begini Penampakannya
Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Rampung 2024, Begini Jalurnya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini