Blibli: Penjual Asing Kurang dari 1 Persen, 90 Persen Lokal

Jumat, 4 Juni 2021 17:19 Reporter : Sulaeman
Blibli: Penjual Asing Kurang dari 1 Persen, 90 Persen Lokal Blibli. ©2020 Blibli

Merdeka.com - Blibli menyatakan komitmen penuh untuk mendukung peningkatan daya saing aneka produk lokal. Di antaranya dengan menyediakan sebanyak mungkin tempat bagi produk lokal ketimbang impor untuk mejeng di setiap kategori yang ditawarkan platform.

"Dari semua kategori yang ada di platform Blibli, sebanyak 90 persen dari jumlah keseluruhan merchant adalah lokal, termasuk UMKM. Sedangkan untuk jumlah international seller kurang dari 1 persen dari keseluruhan seller di Blibli. mereka pun harus menaati aturan perpajakan yang sesuai untuk produk impor," ungkap VP of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan saat dihubungi Merdeka.com, Jumat (4/6).

Yolanda mengungkapkan, hingga saat ini, Blibli terus aktif membantu merchant UMKM untuk mampu menghasilkan produk yang berkualitas. Di antaranya terlibat dalam proses pendampingan, pelatihan melakukan pengemasan, branding, menampilkan foto produk, hingga pembekalan staregi pemasaran guna meningkatkan penjualan.

Selain itu, Blibli juga memiliki kriteria merchant/seller UMKM khusus yang layak didorong lewat
subsidi cashback dan potongan harga. Dengan begitu, diharapkan turut mengerek penjualan produk lokal di tengah pandemi Covid-19.

"Blibli melakukan subsidi ini agar produk-produk lokal ini bisa laku dan menarik konsumen Indonesia. Jika produk sudah sangat baik, maka sangat mungkin mendapat subsidi promo berupa cashback, potongan harga, atau gratis ongkos kirim," bebernya.

Namun diakuinya, sinergi dengan stakeholders terkait juga tak kalah penting untuk mempercepat peningkatan daya saing produk UMKM. Dengan begitu, diyakini akan menciptakan peluang lebar bagi produk lokal untuk masuk ke rantai pasok industri nasional maupun global.

"Kami harap bahwa berbagai stakeholder seperti pemerintah, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan anggota asosiasi, serta segenap pihak terkait bisa berkomunikasi dan duduk bersama untuk memetakan masalah dan mencari solusi yang paling tepat untuk pertumbuhan industri dan juga dampak positif bagi ekonomi," tekannya.

Baca Selanjutnya: Bos BCA Klaim 90 Persen...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini