BKPM Sebut Pengajuan Izin Usaha Masih Meningkat, Terbanyak Sektor Kesehatan

Senin, 23 Maret 2020 12:25 Reporter : Anggun P. Situmorang
BKPM Sebut Pengajuan Izin Usaha Masih Meningkat, Terbanyak Sektor Kesehatan Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. ©2020 Merdeka.com/Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan perizinan usaha masih naik selama corona, di mana yang paling banyak adalah sektor kesehatan. Sebab, BKPM telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan untuk memperlancar perizinan terkait kebutuhan kesehatan selama corona.

"Kita pikir bahwa di tengah virus corona itu tingkat pengusaha dalam mengurus izin itu menurun, ternyata tidak seperti itu," ujar Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Senin (23/3).

Bahlil menambahkan, pada saat pihaknya memutuskan untuk pelayanan online, pertumbuhan perizinan per hari justru semakin meningkat. Tercatat, pada periode 2 sampai 18 Maret 2020, jumlah pemohon perizinan meningkat hingga 240.178.

Adapun jenis perizinan yang dipantau oleh BKPM antara lain registrasi perusahaan, Nomor Induk Berusaha (NIB), Izin Usaha (IU), dan Izin Operasional Komersil (IOK). Sesuai dengan data pada OSS periode 14 Februari sampai 1 Maret 2020 (sebelum pengumuman Covid-19), jumlah pemohon perizinan yang masuk dalam OSS sebanyak 204.199 perizinan.

"Kenaikan aktivitas tertinggi terlihat pada jumlah pemohon NIB sebesar 18,99 persen yang sebelumnya sebanyak 39.618 NIB menjadi 47.144 NIB," jelasnya.

"Pada hari ini, NIB (nomor induk berusaha) yang sudah mulai masuk itu 471. Kemudian jumlah komitmen ini terkait pemenuhan di Kementerian Lembaga itu 2.893 per jam setengah sebelas (10.30). Jadi ini real time," paparnya.

Baca Selanjutnya: Sektor Perdagangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini