Bisnis Waralaba Sedang Naik Daun

Senin, 29 Juni 2009 20:15 Sumber :
Bisnis Waralaba Sedang Naik Daun
Kapanlagi.com
Kapanlagi.com - Minat masyarakat berbisnis waralaba tahun ini meningkat cukup pesat, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Merdeka.com - "Waralaba makanan yang paling diminati, selain itu waralaba toko kelontong seperti Yomart, Alfamart dan Indomaret juga banyak diminati masyarakat," kata Direktur Utama PT Radyatama, penyelenggara International Franchise, License, Business Concept Expo and Conference (IFRA) 2009, Ernst K Remboen, di Jakarta, Senin (29/6).

Menurut dia, meski jumlah pengunjung pameran tersebut menurun dibanding tahun lalu, namun transaksi yang tercatat meningkat pesat.

"Jumlah pengunjung IFRAB 2009 mencapai 12 ribu orang, tahun lalu mencapai 13.500 orang. Tapi, transaksi tahun lalu tak samapi Rp70 miliar, sedangkan tahun ini skeitar Rp341 miliar," ujarnya.

Ernst menjelaskan, pengunjung yang datang pada IFRA kali ini memang berniat mencari peluang bisnis, sehingga meski jumlahnya turun namun transaksi meningkat pesat.

Selain waralaba besar yang sudah dikenal masyarakat, waralaba milik Usaha Kecil Menengah (UKM) juga diminati masyarakat.

Direktur Bina Usaha dan Pendaftaran, Ditjen Perdagangan Dalam Negeri, Departemen Perdagangan, Dede Hidayat mengatakan dari 30 UKM yang difasilitasi pihaknya dalam pameran tersebut, total transaksi yang tercatat senilai Rp887 juta dengan 39 calon penerima waralaba potensial.

Pameran waralaba tersebut diikuti oleh 175 perusahaan dalam dan luar negeri dari Singapura, Malaysia, dan Australia.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar memperkirakan, pertumbuhan bisnis waralaba di Indonesia yang omzetnya mencapai Rp4,1 triliun bisa tumbuh 10-12% tahun ini. (kpl/bar)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini