Bisnis Laundry Kiloan

Bisnis laundry, modal sedikit keuntungan berkali lipat

Kamis, 12 Maret 2015 07:03 Reporter : Novita Intan Sari
Bisnis laundry, modal sedikit keuntungan berkali lipat Orange Sky Laundry. ©2014 Merdeka.com/orangeskylaundry.com.au

Merdeka.com - Eksistensi bisnis jasa cuci pakaian atau laundry kiloan tidak lepas dari budaya masyarakat Indonesia yang 'tak mau repot' dan ingin hemat waktu. Bayar jasa, terima beres. Cucian kotor menjadi rapi dan wangi tanpa perlu menguras tenaga.

Ketua Asosiasi Profesi Laundry Indonesia (APLI), Wasono Raharjo mengatakan, kondisi itu yang membuat prospek bisnis laundry menjanjikan. Apalagi modal yang dibutuhkan tidak besar untuk memulai bisnis ini, hanya Rp 15-20 juta.

"Bisnis ini memiliki peluang yang besar dan terbuka lebar di masa depan. Modalnya hanya sedikit karena investasinya hanya sekali tapi keuntungannya bisa berkali-kali," ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, Rabu (11/3).

Meski tergolong bisnis bermodal rendah, bagi Anda yang ingin memulai usaha ini harus mempersiapkan strategi bisnis. Ini dibutuhkan untuk menghindari bisnis laundry berhenti di tengah jalan. Strategi yang harus disusun mulai dari kesiapan kelengkapan sampai soal penentuan lokasi yang strategis.

Strategi yang pertama adalah mengenai pemilihan lokasi. Bisnis laundry akan berjalan dengan baik jika berada di lokasi yang tepat, dan target pasar jelas. Seperti area kampus, area kos-kosan atau perumahan.

Untuk kelengkapan operasional awal bisa hanya dengan dua mesin cuci saja. Kelengkapan lainnya umumnya tidak membutuhkan dana besar.

"Harga satu mesin cuci Rp 4 sampai 5 juta. Selanjutnya menyewa ruangan hanya Rp 5 juta kemudian tinggal aksesorisnya seperti plastik, pengharum pakaian dan lain sebagainya," jelas dia.

Tak kalah penting selain tempat dan mesin cuci, pelaku usaha juga perlu memperhitungkan kesiapan listrik, pegawai, air, dan lainnya. Semua harus dipersiapkan dengan matang.

"Karena listrik hampir biaya memakan 26 persen sendiri, kemudian 28 persen tenaga kerja, komponen terbesar adalah energi listrik dan tenaga kerja," ungkapnya.

Agar bisnis disenangi oleh para pelanggan, sebaiknya beri pelayanan ekstra seperti parfum yang wangi, anti kusut. Untuk menarik minat, bisa berikan pelayanan ekstra seperti antar jemput gratis.

"Setiap usaha pasti memiliki kendala. Untuk usaha laundry kiloan sendiri, berbagai hambatan bisa saja terjadi. Misalnya kompetitor," ucapnya.

Tak kalah penting, dalam bisnis laundry harus mengetahui seluk beluk mencuci pakaian dan bersih untuk memuaskan pelanggan. Kemudian, cara mengeringkan berbagai jenis kain. Perlu juga mengetahui berbagai macam noda dan cara ampuh untuk menghilangkan noda itu. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini