Bisnis anak-anak presiden Indonesia, dirintis dari nol

Senin, 22 Oktober 2018 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Bisnis anak-anak presiden Indonesia, dirintis dari nol Gibran Rakabuming. @Chili_Pari

Merdeka.com - Menjadi anak presiden memang paling sering disorot masyarakat, terutama kegiatan-kegiatan mereka. Salah satunya Gibran Rakabuming Raka. Dia merintis usaha kateringnya dari nol. Kini Gibran melebarkan usahanya dengan membuka kedai martabak yang sudah tersebar di Jabodetabek.

Tak hanya Gibran, anak-anak presiden Indonesia ini juga punya usaha-usaha yang berbeda yang mereka rintis dari nol hingga sukses. Inilah mereka:

1 dari 4 halaman

Bambang Trihatmodjo

Bambang Trihatmodjo. ©kapanlagi.com

Putra dari mantan presiden Soeharto ini mendirikan perusahaan pertama kali bernama PT. Bimantara Citra pada tahun 1981 bersama rekannya. Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan, broker asuransi, real estate, konstruksi, televisi swasta, perhotelan, transportasi, perkebunan, perikanan, industri otomotif, industri makanan, industri kimia, dan pariwisata.

Tak hanya itu saja, mereka juga membangun perusahaan induk bernama PT. Bumi Kusuma Prima. Beberapa perusahaan Bimantara termasuk kelompok perusahaan ini, seperti PT. Gelatindo Multi Graha (produsen cangkang kapsul), PT. Lima Satria Nirwana (keagenan Mercedes-Benz), dan PT. Citra Auto Nusantara (Ford).

2 dari 4 halaman

Tommy Soeharto

Tommy Soeharto. ©kapanlagi.com

Tommy juga punya usaha yang tak kalah dengan Bambang Trihatmodjo. Dia mempunyai sebuah hotel bergaya keraton Jawa bernama Lorin Hotel Solo dan Syariah Hotel Solo. Kedua hotel ini berada di bawah naungan PT Lor Internasional Hotel.

Tak cuma dua, Tommy diketahui memiliki 10 hotel  yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Solo, Loji Hotel dan  Lorin D'wangsa Hotel. Di Demak ia punya Amantis Hotel, di Semarang ada Noormans Hotel, Bali ada Lorin New Kuta Hotel, di Belitung ada Lorin Belitung Hotel, dan Bogor ada Lorin Sentul.

Tak hanya hotel, Tommy juga membuka usaha lain, yaitu Goro, sebuah retail yang bekerja sama dengan UKM. Ini adalah gerai kedua, setelah gerai Goro pertama diresmikan di Bandung.

3 dari 4 halaman

Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep. ©2018 Merdeka.com

Putra bungsu Presiden Joko Widodo kini menggeluti usaha kuliner dengan membuka Sang Pisang. Saat ini sudah ada 47 gerai Sang Pisang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dalam merintis usahanya ini, Kaesang mengaku menggunakan hasil keringatnya sendiri.

4 dari 4 halaman

Puan Maharani

Puan Maharani. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Puan Maharani memiliki usaha di bidang jasa bersama suaminya Hapsoro Sukmonohadi. Usaha yang mereka geluti bernama PT Rukun Raharja Tbk. Bisnis ini menyediakan minyak dan gas bumi. Lalu mengelola bongkar muat peti kemas.

Selain itu, sang suami juga memiliki banyak perusahaan di Indonesia. Usaha-usaha itu antara lain kondominium di kawasan bekas Bandara Kemayoran, Jakarta Pusat yang bernama Blossom Residence.

Hapsoro juga mengelola hotel jaringan merek Red Planet, PT Red Planet Indonesia Tbk dan PT Pusako Tarinka Tbk. Dalam perusahaan-perusahaan ini, ia menduduki posisi sebagai presiden komisaris. [has]

Baca juga:
Vespa seharga Rp 50 juta milik Gibran akan ikut kontes scooter di JEC
Cucu Presiden Jokowi lahir, pedagang Pasar Legi gelar tumpengan
Menantu Jokowi gugup gendong anak pertama: Saya masih belajar jadi ayah
Iriana Jokowi sebut operasi caesar Kahiyang dadakan
Iriana sebut Jokowi enggak berani di ruangan saat Kahiyang melahirkan
Jokowi belum ungkap nama cucu keduanya

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini