Bio Farma Siapkan 20,2 Juta Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Gotong Royong

Senin, 15 Maret 2021 14:15 Reporter : Merdeka
Bio Farma Siapkan 20,2 Juta Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Gotong Royong Vaksin Covid-19. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah melalui perusahaan BUMN PT Bio Farma telah mendapatkan komitmen pengadaan vaksinasi gotong royong sebanyak 20,2 juta dosis.

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, vaksin ini didapatkan dari Sinopharm dan Moderna. Memang dalam pengadaan vaksin mandiri, pemerintah sudah mengatur agar mereknya tidak sama dengan vaksin gratis yang sedang dijalankan saat ini.

"Jenis vaksin untuk vaksin gotong royong ini harus berbeda dengan jenis vaksin untuk program pemerintah. Sampai hari ini kami sudah melakukan proses komunikasi dan juga negosiasi dengan 2 pengembang vaksin," jelas Honesti dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Senin (15/3).

Untuk Sinopharm, komitmen yang telah ditetapkan ialah sebanyak 15 juta dosis yang akan dikirim pada Maret hingga akhir kuartal II-2021. Honesti mengatakan, tersedia pula opsi penambahan 15 juta dosis vaksin jika dibutuhkan ke depannya.

"Dalam hal ini proses registrasi akan dilakukan anak perusahaan kami, Kimia Farma. Dan kita dalam proses rolling submission ke Badan POM untuk mendapatkan Emergency Use Authorization(EUA)nya," tutur Honesti.

Kemudian, untuk vaksin asal Amerika Serikat, Moderna akan disiapkan 5,2 juta dosis. Honesti bilang, pengiriman vaksin ini baru akan dimulai pada awal kuartal III 2021.

"Registrasi akan dilakukan oleh Bio Farma. Moderna ini sudah mendapatkan EUA dari USA di akhir tahun lalu tanggal 18 desember dan juga dari European Medicines Authority (EMA) maupun dari Europe Community pada 6 Januari 2021 kemarin," jelasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini