BI target pertumbuhan kredit perbankan 9 persen di 2017

Senin, 28 Agustus 2017 09:32 Reporter : Anggun P. Situmorang
BI target pertumbuhan kredit perbankan 9 persen di 2017

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) menargetkan pertumbuhan kredit perbankan sebesar 9 persen hingga akhir tahun ini. Angka tersebut dinilai cukup realistis karena berada pada titik tengah pertumbuhan kredit yang telah di revisi oleh Bank Indonesia pada rentang 8 persen hingga 10 persen.

"Untuk yang 2017 ini, kemungkinan kita akan jatuh di sekitar 9 persenan lebih. Target ini sudah diturunkan lebih realistis," ujar Dodi saat mengisi acara Pelatihan Wartawan dengan tajuk Perkembangan Perekonomian Indonesia Terkini di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Minggu (27/8).

Pertumbuhan kredit tahun ini diakui cukup lambat, sebab perbankan yang masih melakukan konsolidasi. Namun demikian, BI bersama otoritas terkait akan mempercepat proses konsolidasi tersebut serta mendorong penyaluran kredit dan pembiayaan korporasi melalui pasar keuangan.

"Sekali lagi kita harapannya transmisi ke kredit ini cepat, artinya kalau suku bunga sudah diturunkan tapi konsolidasi di korporasinya sangat lambat, itu akan sulit. Kemudian demand kredit tidak terjadi, tentunya ekspansi kredit akan terbatas," jelasnya.

Sementara itu, dampak penurunan BI 7-day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin dari 4,75 persen menjadi 4,50 persen terhadap penurunan suku bunga kredit perbankan baru akan dirasakan dalam 2 sampai 3 bulan ke depan. Secara signifikan, dampak tersebut dapat dirasakan pada tahun 2018.

"Kita tahu bahwa dampak penurunan suku bunga kepada kredit ada timeline rata-rata bisa sampai 2 sampai 3 bulan. Kalau kita melihat itu, dampak yang lebih signifikan memang di 2018," pungkasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini