BI soal Rupiah menguat: Pertemuan Trump dan Xi Jinping memberi dampak positif

Selasa, 6 November 2018 13:18 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
BI soal Rupiah menguat: Pertemuan Trump dan Xi Jinping memberi dampak positif Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Rupiah dibuka menguat di level Rp 14.945 per USD pada Selasa (6/11) pagi ini. Rupiah menguat tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 14.976 per USD.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo menyebutkan, penguatan atau apresiasi nilai tukar Rupiah tersebut merupakan salah satu dampak positif dari pertemuan Presiden Trump dengan Presiden China Xi Jinping.

"Artinya Rupiah stabil kalau dilihat dari regional juga demikian, semua berharap positif terhadap pertemuan antara Presiden Trump dengan Xi Jinping untuk memberikan paling tidak solusi yang positif, sehingga dampaknya juga positif kepada emerging currency, Rupiah pun mengalami penguatan," kata Dody di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (6/11).

Dia menjelaskan, penguatan Rupiah tersebut juga pastinya karena ada sisi positif dari indikator domestik ke arah yang membaik, yaitu pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2018 sebesar 5,17 persen.

"Meski 5,17 persen pertumbuhan di kuartal III 2018 lebih rendah dari 5,27 persen di kuartal II 2018, tapi sebenarnya itu masih cukup tinggi karena dorongan dari domestik demmand, investasi dan konsumsi juga masih besar," ujarnya.

Dia menjelaskan kondisi tersebut menandakan ekonomi Indonesia masih tumbuh, dan data kredit financing juga sudah mulai terlihat meningkat.

"Artinya roda ekonomi bergerak. Sentimen terhadap keyakinan konsumen dan produsen itu positif untuk perekonomian kuartal III 2018. Mungkin nanti di kuartal IV 2018 juga. Jadi semua memberikan gambaran dan dukungan kepada Rupiah untuk saat ini bisa di bawah Rp 15.000 per dolar AS," tutupnya. [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini