BI soal Rupiah Melemah ke Rp14.703/USD: Pelemahan Nilai Tukar Tak Hanya di Indonesia

Senin, 20 Juli 2020 12:39 Reporter : Dwi Aditya Putra
BI soal Rupiah Melemah ke Rp14.703/USD: Pelemahan Nilai Tukar Tak Hanya di Indonesia Deputi Gubernur BI Destry Damayanti. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry Damayanti menegaskan bahwa pelemahan nilai tukar Rupiah terjadi hari ini tak hanya dirasakan di Indonesia saja. Sebab, pelemahan mata uang juga dialami oleh negara-negara berkembang lainnya karena perkembangan faktor global.

"Ini bukan hanya nilai tukar bukan hanya di Indonesia tapi juga emerging market terus mengalami tekanan," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Senin (20/7).

Dia menambahkan, pelemahan Rupiah dipengaruhi oleh analisa baru soal perkembangan pandemi Covid-19 maupun perekonomian global. Akibat perkiraan yang lebih dalam dan lama ini, investor memilih mengamankan asetnya kembali ke AS.

"Jadi mereka menjauhi kembali instrumen ataupun market yang dianggap akan membuat risiko tinggi sehingga mereka kembali ke AS, kembali lagi ke US Treasury Bond-nya sehingga rupiah dan beberapa mata uang regional itu mengalami tekanan," ungkapnya.

Seperti diketahui, nilai tukar atau kurs Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta diperkirakan masih akan lanjut terkoreksi di tengah kekhawatiran berlanjutnya dampak ekonomi akibat pandemi.

Pada pukul 09.47 WIB, Rupiah melemah 103 poin atau 0,7 persen menjadi Rp14.806 per USD dari sebelumnya Rp14.703 per USD.

1 dari 1 halaman

Khawatir Gelombang Kedua Covid-19

kedua covid 19

Analis Bank Mandiri, Rully Arya Wisnubroto mengatakan, sebenarnya pada hari ini masih cenderung minim berita positif baik dari dalam maupun dari global.

"Baik global maupun di dalam negeri, kondisi pandemi masih terus terlihat mengalami kenaikan," ujar Rully dikutip dari Antara.

Menurut Rully, pergerakan Rupiah masih akan dominan dipengaruhi sentimen kekhawatiran gelombang kedua Covid-19.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini