BI optimis neraca pembayaran Indonesia triwulan III surplus

Sabtu, 13 Juli 2013 07:59 Reporter : Sri Wiyanti
BI optimis neraca pembayaran Indonesia triwulan III surplus Gedung Bank Indonesia. Merdeka.com / Dwi Narwoko

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) yakin balance of payment atau Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) akan kembali surplus pada triwulan III tahun ini. Optimisme ini didasari oleh perhitungan bahwa tingkat defisit transaksi berjalan akan menurun seiring turunnya impor dan pembayaran ke luar negeri.

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan secara musiman kondisi NPI triwulan III memang jauh lebih baik. Untuk triwulan III kali ini, transaksi berjalan diproyeksi hanya sekitar 2 persen (dari PDB) seiring dengan menurunnya impor. Di sisi lain, lanjut Perry, surplus neraca modal dan finansial juga berpotensi besar.

"Sehingga secara keseluruhan balance of payment-nya bukan lagi defisit, tetapi sudah surplus. Sedangkan defisit transaksi berjalan akan lebih kecil karena impor biasanya menurun, tidak ada repatriasi dividen dan juga tidak ada pembayaran kupon ke luar negeri," jelas Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, kemarin.

Untuk triwulan II, sebagaimana tren musiman, defisit transaksi berjalan biasanya tinggi. Kali ini defisit di atas 3 persen (dari PDB). Hal ini disebabkan oleh impor yang masih tinggi, repatriasi (pengembalian modal lewat dividen ke negara asal) besar dan adanya pembayaran luar negeri.

"Tapi triwulan dua surplus neraca modal besar. Sehingga overall defisit (NPI) akan lebih rendah dari triwulan satu. Defisit NPI akan jauh lebih rendah dari 6 persen," tutupnya. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Bank Indonesia
  2. Ekonomi Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini