BI Layani Penukaran Uang Lebaran di Jakarta Sampai 1 Juni

Jumat, 17 Mei 2019 13:19 Reporter : Anggun P. Situmorang
BI Layani Penukaran Uang Lebaran di Jakarta Sampai 1 Juni Penukaran uang di lapangan IRTI Monas. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi, mengatakan pihaknya bersama seluruh perbankan menyediakan sebanyak 287 titik penukaran uang di Jakarta jelang Lebaran. Layanan penukaran uang tersebut akan beroperasi hingga 1 Juni 2019.

"Jakarta titiknya ada 287 di Jakarta. Beda dengan tahun lalu 160 titik. Jadi ini semua ditambah," ujar Rosmaya saat memberi keterangan pers di Lapangan Parkiran IRTI Monas, Jakarta, Jumat (17/5).

"(Monas) Ini sampai tanggal 29 Mei. Jadi ini ada beberapa agenda jadi beda-beda tempatnya untuk Monas 13 sampai 29 Mei. Itu adalah untuk Monas. Ada juga kalau kita lihat di rest area sampai tanggal 1 Juni tapi rata-rata sampai 1 Juni," sambungnya.

Rosmaya melanjutkan, Bank Indonesia sendiri menyiapkan uang pecahan tunai siap sebar khusus Lebaran sebanyak Rp 217,1 triliun. Khusus Jawa non Jabodetabek sebesar Rp 84 triliun sedangkan Jabodetabek Rp 51,5 triliun.

"Kalau kita lihat Rp 217,1 triliun itu gimana pembagian perwilayahan. Itu banyak sekali di Jawa. Jawa non Jabodetabek Rp 84 triliun, Jabodetabek sendiri Rp 51,5 triliun. Perekonomian didominasi Jawa kelihatannya sampai kini. Sumatera Rp 41,2 triliun sedangkan timur Indonesia Rp 40,4 triliun," jelasnya.

Hingga kini, kata Rosmaya, penukaran uang memang belum bergerak cepat sebab masih banyak perusahaan yang menyalurkan THR sekitar satu minggu sebelum Lebaran. Adapun syarat penukaran uang di tempat resmi Bank Indonesia, cukup membawa uang tunai dan KTP.

"Gimana sebetulnya perilaku (penukaran uang) masyarakat memang minggu pertama masih tenang masih untuk tukar uang. Tapi nanti Senin bisa dilihat sudah mulai (ramai), karena sudah mulai dapat THR," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini