BI: Kepercayaan Pasar Membaik, Aliran Modal Asing Terus Masuk Indonesia

Jumat, 5 Juni 2020 16:25 Reporter : Merdeka
BI: Kepercayaan Pasar Membaik, Aliran Modal Asing Terus Masuk Indonesia Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. ©2020 dok.Bank Indonesia

Merdeka.com - Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menyatakan aliran modal asing yang masuk ke Indonesia semakin deras. Hal ini dikarenakan keyakinan investor menguat terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

Adapun, inflow (dana asing yang masuk Indonesia) didominasi oleh pembelian Surat Berharga Negara (SBN) yang semakin meningkat.

"Confidence asing semakin lama semakin membaik, terbukti dari aliran modal asing ke SBN sejak minggu ke-2 bulan Mei, terus terjadi inflow," ujar Perry dalam konferensi pers virtual, Jumat (5/6).

Tercatat, pada pekan ke-2 Mei terdapat inflow ke SBN sebesar Rp2,97 triliun. Lalu pada pekan ke-3 terdapat inflow Rp6,15 triliun, pekan ke-4 terdapat inflow Rp2,54 triliun dan di awal Juni terdapat inflow Rp7,01 triliun.

Perry menjelaskan, jika dana asing terus masuk ke Indonesia, maka nilai tukar Rupiah juga akan terus menguat. Selain itu kebutuhan intervensi BI akan terus berkurang dan cadangan devisa nantinya juga meningkat.

"Berkaitan dengan cadangan devisa, dengan nilai tukar Rupiah yang terus menguat, mekanisme pasar, kebutuhan intervensi berkurang, aliran asing semakin besar, maka tentu cadangan devisa terus meningkat," ujar Perry.

Baca Selanjutnya: Bos BI soal Rupiah Perkasa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini