BI dan OJK Terjunkan Tim Evaluasi Sistem IT Bank Mandiri

Senin, 29 Juli 2019 14:27 Reporter : Merdeka
BI dan OJK Terjunkan Tim Evaluasi Sistem IT Bank Mandiri Bank Mandiri. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih melakukan evaluasi sistem teknologi informasi Bank Mandiri, hal ini untuk menghindari peristiwa perubahan tampilan saldo nasabah tanpa transaksi terulang kembali.‎

Direktur Eksekutif Kepala Departemen‎ Surveilans Sistem Keuangan Bank Indonesia Sempa Arih H. Sitepu mengatakan, BI terus melakukan pemantauan perbaikan sistem teknologi informasi Bank Mandiri dan berkoordinasi dengan OJK untuk mengetahui ada peristiwa lain yang menyangkut saldo nasabah.

‎"Sejauh ini sudah kami peroleh infonya masalah teknis sesuai kami ceritakan di awal, tapi kami sebagai regulator memantau perkembangannya, juga berkoordinasi dengan OJK nanti diketahui ada hal lain atau tidak," kata Sempa, di Kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (29/7).

Kepala Departemen Pengawasan Bank OJK Hisbullah‎ melanjutkan, OJK menurunkan tim mengevaluasi seluruh sistem teknologi informasi Bank Mandiri untuk mencari kelemahan sistem yang berpotensi bisa diretas, namun sampai saat ini tim belum menemukan permasalahan baru.

"‎Kami menurunkan tim mengevaluasi keseluruhan IT Bank Mandiri di mana kelemahan-kelemahannya. Apakah ditemukan masalah lain kami belum menemukan masalah lain. Kami minta diperbaiki supaya masyarakat aman dan nyaman," tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Surveilans Sistem Keuangan Bank Indonesia Sempa Arih H. Sitepu mengatakan, dalam peristiwa perubahan tampilan saldo nasabah tanpa transaksi. Bank Indonesia menginginkan sistem yang fokus pada keamanan, efisien, terpercaya, dan melindungi konsumen.

"Dari kami BI otoritas sistem pembayaran kami konsern aman efisien terpercaya, kami juga konsern pelindungan konsumen diutamakan," kata Sempa, di Kantor Ombudsman, Jakarta, Senin (29/7).

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini