BI bentuk satgas antisipasi dampak gangguan satelit Telkom

Senin, 28 Agustus 2017 17:51 Reporter : Rizky Andwika
BI bentuk satgas antisipasi dampak gangguan satelit Telkom Agus Marto belanja pakai uang baru. Anggun ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) membentuk satuan tugas (satgas) untuk memastikan tak ada dampak dari gangguan satelit Telkom pada layanan perbankan. Gubernur BI Agus Martowardojo telah mendapat laporan bahwa perbankan telah memindahkan jaringannya ke satelit Telkom lain.

"Kami mempersiapkan jajaran satuan kerja Bank Indonesia untuk mendukung sistem pembayaran baik itu sistem kliring, sistem RTGS, ataupun pengelolaan uang untuk meyakinkan tidak ada hambatan dari kondisi yang dialami satelit Telkom-1," ujarnya saat ditemui di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (28/8).

Agus menambahkan bahwa pihaknya pagi tadi juga telah mengundang perbankan yang terdampak untuk melaporkan perkembangan terkini. "Jadi kami harapkan proses untuk memindahkan antena yang tadinya di arahkan ke satelit Telkom-1 bisa diarahkan pindah ke alternatif satelit. Dan hal ini bisa kembali berfungsi," tuturnya.

Diketahui, pada Jumat (25/08) sekitar pukul 16.51 WIB mulai terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu.

Pihak Telkom pun telah bekerja sama secara intensif Telkom bersama Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 terus melakukan investigasi, di mana saat ini sedang menjalankan prosedur prosedur untuk mengetahui kesehatan satelit Telkom 1 secara komprehensif. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini