BI Bakal Evaluasi Insiden Gangguan Sistem Bank Mandiri

Senin, 22 Juli 2019 11:27 Reporter : Merdeka
BI Bakal Evaluasi Insiden Gangguan Sistem Bank Mandiri Bank Mandiri. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Onny Widjanarko menuturkan, Bank Indonesia akan mengevaluasi insiden lenyapnya saldo nasabah secara drastis yang terjadi di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) pada Sabtu (20/7). Pihaknya selaku regulator akan meneliti perihal kegagalan sistem pembayaran yang terjadi pada Bank Mandiri.

"Memang masalahnya sudah kembali normal saat ini, perlindungan konsumen (oleh Mandiri) sudah dilakukan. Ke depannya, BI akan meneliti dan mengevaluasi untuk improvement pelayanan dan perbaikan ke depan," tuturnya kepada Liputan6.com, Senin (22/7).

Sebelumnya, Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BKPN) menyebutkan BI selaku regulator sistem pembayaran perlu bersikap tegas terhadap penyelenggara sistem pembayaran yang lalai dan telah menimbulkan kerugian pada konsumen seperti yang dialami Bank Mandiri.

Koordinator Komisi Kerjasama dan Kelembagaan BPKN Nurul Yakin Setyabudi menilai, BI, untuk kesempatan mendatang perlu menerapkan mekanisme denda atas gagalnya sistem pembayaran seperti ini oleh Penyelenggara.

"Oleh karenanya insiden Bank Mandiri, sangat mendesak untuk merevisi Peraturan Bank Indonesia No. PBINo.16/1/PBI/2014 tentang Perlindungan Konsumen Jasa Sistem Pembayaran, dengan memperluas cakupan dan meningkatkan kapasitas lembaga terhadap perlindungan konsumen," terangnya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Bawono Yadika Tulus [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini