Besok, Aktivitas di Pasar Tanah Abang Diharapkan Normal Kembali

Rabu, 22 Mei 2019 13:35 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Besok, Aktivitas di Pasar Tanah Abang Diharapkan Normal Kembali Pasar Tanah Abang sepi aktivitas. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Pengelola Tanah Abang, Hery Supriyatna mengatakan, adanya kericuhan yang timbul di kawasan Tanah Abang karena aksi 22 Mei tidak akan membuat antusiasme para pembeli menurun, apalagi menjelang lebaran seperti sekarang ini. Menurutnya hal ini tidak akan berlangsung lama dan kondisi akan segera kembali kondusif.

"Optimis (penjualan tidak menurun). (Kericuhan) tidak akan seperti tahun 1998 kok, ini hanya riak kecil demokrasi," kata Hery saat dihubungi Merdeka.com, Rabu (22/5).

Dia menjelaskan, besok pasar Tanah Abang akan buka dan beroperasi seperti biasa, mengingat dari segi fisik tidak ditemukan adanya kerusakan di lokasi pasar. Kendati demikian, hal tersebut masih bersifat situasional. Artinya jika besok masih terjadi kericuhan maka pasar kembali ditutup seperti hari ini.

"Hanya hari ini saja (tutupnya). Besok kita lihat sikon (situasi dan kondisi) saja. Seperti halnya hari ini, karena situasi tidak memungkinkan maka kita tutup," ujarnya.

Sebelumnya, Hery menyebutkan pasar Tanah Abang saat ini kondisinya sudah aman terkendali. Kendati demikian dia mengungkapkan hari ini pasar Tanah Abang terpaksa ditutup. Tidak ada aktivitas jual beli di sana.

Meski tidak ada kerusakan yang terjadi, namun kerugian ditaksir mencapai miliaran Rupiah karena tidak adanya pemasukan uang dari hasil penjualan para pedagang. Untuk Blok A, B, F dan lain-lain dengan estimasi ada 20.000 kios dengan rata-rata pendapatan terendah Rp2-3 juta per hari maka minimal potensi kerugian mencapai Rp40-60 Miliar. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini