Bertemu Mendagri, Airin Harap Dana Kelurahan Naik

Kamis, 16 Mei 2019 13:11 Reporter : Merdeka
Bertemu Mendagri, Airin Harap Dana Kelurahan Naik Airin Ketemu Mendagri. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany menuturkan, sejauh ini penyerapan terhadap dana kelurahan berjalan lancar. Meski begitu, dia berharap ada kenaikan sama dengan dana Desa.

"Sejauh ini masih alhamdulillah lancar. Cuma kita berharap ada kenaikan dana Kelurahan juga sama, kalau boleh sama dengan dana Desa dan sebagainya. Itu saja sih masukan dari teman-teman," kata Airin di kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/5).

Dia menjelaskan, dana kelurahan sudah dianggarkan di APBN 2019 dengan pembagian hampir Rp 300 juta per kelurahan. Dengan adanya kenaikan dana, diharapkan interaksi dengan masyarakat di daerah menjadi lebih baik lagi.

Mengenai besaran tambahan dana, dia pun menyerahkan sepenuhnya ke pemerintah pusat. "Biasanya kalau tidak dibatasi dengan SOP dan lainnya, itu biasanya banyak ke hal pembangunan infrastruktur. Tapi karena program ini untuk pemberdayaan masyarakat dan ini dirasakan dan dimanfaatkan. Peningkatan, misalnya kader PKK, Karang Taruna, dan lain-lain. Pelibatan masyarakat di proses pembangunan di tingkat Kelurahan," jelasnya.

Airin juga mengundang Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk menjadi pembicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Apeksi yang akan digelar pada 2-5 Juli di Semarang. Rakernas tersebut akan mengusung tema kemandirian dari daerah terhadap keuangan daerah.

"Kami berterimakasih banyak ada dana kelurahan. Dan berharap regulasi, aturan, ketentuan, kita evaluasi dari yang sudah berjalan selama 1 tahun ini, dan juga dari Kemenkeu kita juga membahas tentang dana transfer daerah, intensif daerah, dan lain-lain," tandasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini