Bertemu Jokowi, Perwakilan Bank Dunia Bahas Utang Hingga Perang Dunia

Selasa, 25 Juni 2019 16:14 Reporter : Supriatin
Bertemu Jokowi, Perwakilan Bank Dunia Bahas Utang Hingga Perang Dunia bank dunia. worldbank.org

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo A Chaves. Dalam pertemuan tersebut, Rodrigo melaporkan program kerja Bank Dunia di Indonesia selama satu tahun terakhir kepada Jokowi.

"Kita hanya melaporkan program kerja Bank Dunia di Indonesia selama satu tahun terakhir," ucapnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/6).

Selain soal program kerja, Rodrigo mengaku menyinggung kucuran pinjaman dana Bank Dunia kepada pemerintah dalam satu tahun terakhir. Dia membantah pertemuan ini membahas tawaran pinjaman dana baru.

"Tidak (menawarkan pinjaman dana baru). Kita hanya mengulas pinjaman-pinjaman yang sudah diberikan selama satu tahun terakhir," tegas Rodrigo.

Kepada pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, Rodrigo mengingatkan agar memperhatikan betul perkembangan ekonomi global. Dia menyebut perang dagang Amerika Serikat dan China yang masih terjadi hingga kini memberikan ketidakpastian ekonomi dunia.

Tidak tertutup kemungkinan, perang dagang tersebut memberikan dampak negatif pada perekonomian Indonesia. "Ada awan hitam yang menggelantung karena perang dagang. Semoga saja negosiasi antara dua negara kuat (AS-China) segera terjadi agar dampak perang dagang tak berdampak semakin buruk untuk semua pihak," kata dia. [azz]

Baca juga:
Pemangkasan Pertumbuhan Ekonomi Bank Dunia Tak Berpengaruh ke RI
Dana Rp1,4 Triliun dari Bank Dunia untuk Sampah Citarum Berupa Utang
Bank Dunia Suntikkan Dana Rp1,4 Triliun Atasi Sampah di Sungai Citarum
Bank Dunia Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi, Bos OJK Yakinkan Tak Pengaruhi RI
Kata Menteri Sri Mulyani Soal Bank Dunia Pangkas Pertumbuhan Ekonomi Global
Bertemu Luhut, Bank Dunia Bahas Program Madrasah Rp4 Triliun Kemenag

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini