Berprestasi dan Dipercaya Jokowi, Basuki Dinilai Layak Pimpin Kementerian PUPR

Selasa, 22 Oktober 2019 12:50 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Berprestasi dan Dipercaya Jokowi, Basuki Dinilai Layak Pimpin Kementerian PUPR Basuki Hadimuljono. ©Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Basuki Hadimuljono menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10). Mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat periode 2014-2019 ini datang mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Abra Talattof menilai, Basuki memang layak kembali masuk kabinet Jokowi. Posisi sebagai Menteri PUPR pun diyakini akan tetap diberikan padanya.

"Kalau menurut saya kemungkinan Pak Basuki akan tetap bertahan karena dari dulu dibilang, Pak Basuki yang paling dipercaya sama Jokowi," kata dia kepada Merdeka.com, Selasa (22/10).

Dia mengatakan, jika menilik indikator kinerja, khususnya target pembangunan infrastruktur, maka Basuki dapat disebut sebagai pembantu presiden yang berprestasi.

"Dianggap menteri yang cukup berhasil kalau lihat dari indikator kinerja karena proyek infrastruktur memang sebagian besar sudah mencapai target," ujar dia.

Karena itulah Jokowi tentu akan kembali menginginkan Basuki untuk kembali membantunya dalam menggenjot proyek infrastruktur yang masih akan dilakukan di periode kedua pemerintahannya.

"Jadi kayaknya proyek-proyek infrastruktur ke depan tentunya harus dikawal oleh orang yang paham betul persoalannya dan dia bisa mengeksekusinya. Pak Basuki ini tipe orang yang tidak banyak omong tapi dia eksekutor dan itu memang dibutuhkan oleh presiden," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Basuki Datangi Istana

Mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono datangi Istana Negara, Jakarta Pusat. Kedatangan Basuki tidak lama setelah Syahrul Yasin Limpo keluar usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pantauan di lokasi, Basuki tiba sekira pukul 11.15. Tidak banyak kalimat yang dilontarkan kepada awak media. Ia hanya mengatakan diminta datang memakai kemeja putih.

"Baru saja (kapan dipanggil). (Dipanggil) Lewat telepon. Belum tahu (Jadi Menteri PUPR lagi), nanti ya," singkat Basuki kepada wartawan di Istana, Selasa (22/10).

"(Arahannya) Pakai baju putih, sudah itu saja," tambahnya seraya langsung memasuki Istana. [idr]

Baca juga:
Tak Lama Syahrul Yasin Limpo Keluar, Giliran Basuki Hadimuljono Tiba di Istana
Sayembara Ibu Kota Baru Indonesia Belajar dari Kazakhstan
Jawaban Para Menteri saat Ditanya Arah Mana Belahan Sisiran Rambut Presiden Jokowi
Jelang Purna Tugas, Sejumlah Menteri Mulai Berkemas dari Rumah Dinas
Tiga Tahun Menjabat, Menko Darmin Nasution Curhat Paling Sulit Urus Pertanian

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini