Berkat wanita, tingkat serapan pekerja di Jerman tertinggi di Eropa

Selasa, 2 Februari 2016 13:29 Reporter : Moch Wahyudi
Berkat wanita, tingkat serapan pekerja di Jerman tertinggi di Eropa Jerman. ©2013 Merdeka.com/Sapto Anggoro

Merdeka.com - Jerman menjadi negara dengan tingkat penyerapan pekerja tertinggi di Eropa. Ini berkat penaikan jumlah pekerja wanita dalam sepuluh tahun terakhir.

Bloomberg, Selasa (2/2), mengabarkan sebanyak 78 persen penduduk Jerman berusia 20-64 tahun aktif bekerja. Ini terpaut sedikit di bawah Swedia sebesar 80 persen, notabene tertinggi di Uni Eropa.

Lebih jauh, penyerapan pekerja di Jerman meningkat 9 poin persentase dalam satu dekade terakhir. Lebih baik ketimbang di negara Uni Eropa lainnya yang relatif stagnan.

Peningkatan penyerapan pekerja tersebut didorong oleh partisipasi wanita yang memang setengah dari populasi penduduk Jerman.

Pada 2014, sebanyak 73 persen wanita Jerman tercatat aktif bekerja. Meningkat 10 poin persentase ketimbang 2005.

Namun, peningkatan ini disertai kritik. Kementerian Keluarga Jerman mencatat peningkatan tiga kali lipat tempat penitipan anak.

Walter Mixa, Uskup di Augsburg, menganggap dorongan agar wanita kembali bekerja selepas melahirkan merupakan upaya menjadikan Kaum Hawa hanya sebagai mesin produksi.

Meskipun, pemerintah Jerman sudah membolehkan para wanita bekerja paruh waktu dan memiliki jam kerja fleksibel sejak awal 2000.

Data German Statistic Offices menunjukkan, pada 2014, wanita Jerman bekerja hanya sepanjang 30,5 jam per pekan. Di bawah Prancis sebanyak 34,2 jam per pekan dan rata-rata Uni Eropa 33,6 jam per pekan. [yud]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini