Berkat Rehabilitasi Mangrove, RI Kini jadi Penyumbang Kredit Karbon Terbesar Dunia

Rabu, 3 Maret 2021 16:22 Reporter : Merdeka
Berkat Rehabilitasi Mangrove, RI Kini jadi Penyumbang Kredit Karbon Terbesar Dunia Luhut Panjaitan dalam acara Kickoff Rehabilitasi Mangrove Nasional. ©Liputan6.com/Radityo

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, kehebatan Indonesia melalui potensi hutan mangrove. Menurut catatan Menko Luhut, saat ini Indonesia adalah salah satu negara dengan penyumbang kredit karbon terbesar di dunia.

Kredit karbon bisa diartikan sebagai perdagangan emisi. Negara yang menghasilkan emisi karbon melebihi dari ketentuan harus memberikan sejumlah insentif kepada negara yang bisa menyerap karbon.

"Indonesia memberikan kontribusi carbon credit 75-80 persen dari seluruh dunia, sebelumnya kita suka dilecehkan dan sekarang kita sudah angkat bicara," kata Menko Luhut saat melakukan kunjungan kerja ke Teluk Naga dalam acara Kickoff Rehabilitasi Mangrove Nasional, Rabu (3/3).

Menko Luhut membeberkan, program rehabilitasi hutan mangrove secara nasional selama empat tahun ke depan adalah seluas 620.000 hektar. Pada 2021, pemerintah melalui Badan Restorasi Gambut dan Mangrove dari Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan telah menargetkan seluas 150.000 hektar untuk direhabilitasi.

"Kita harus segera bergerak cepat melakukan rehabilitasi mangrove secara maksimal," dorong Menko Luhut.

Baca Selanjutnya: Terima Dana Bank Dunia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini