Berkat Perdagangan Online, Pedagang Untung Rp2 M Jual Semangka ke Uni Emirat Arab

Senin, 14 Juni 2021 17:15 Reporter : Sulaeman
Berkat Perdagangan Online, Pedagang Untung Rp2 M Jual Semangka ke Uni Emirat Arab Muhammad Lutfi. ©Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menyebut bahwa, perdagangan online lintas negara bukan suatu ancaman bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Menurutnya, perdagangan online internasional tersebut justru menciptakan peluang baru bagi pelaku UMKM domestik agar lebih tangguh.

"Kalau saya melihatnya malah justru ke balik. Sebenarnya PMSE atau perdagangan melalui sistem elektronik lintas negara ini mestinya membawa keuntungan terobosan-terobosan baru untuk bisa menciptakan pelaku usaha yang tangguh," tegasnya dalam Webinar Shopee bertajuk UMKM Indonesia Menuju Pasar Global, Senin (14/6).

Mendag Lutfi menjelaskan, PMSE sendiri merupakan tren yang tidak bisa dielakkan di tengah era globalisasi saat ini. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 yang membatasi interaksi fisik secara langsung.

Dia mencontohkan, saat ini, sudah ada pelaku usaha Indonesia yang mampu memperoleh keuntungan atas adanya perdagangan online lintas negara. Salah satunya dengan melakukan penjualan buah semangka ke Uni Emirat Arab karena mempunyai peluang cuan lebih ketimbang di dalam negeri.

"Karena dia tahu semangka itu laku di UEA yang lagi musim panas, 43 derajat di sana. Jadi mereka jual, taruh kotak bagus, begitu masuk UEA langsung pajang di supermarket. Itu menghasilkan sales seminggu Rp2 miliar sekali shipment," ucapnya.

Maka dari itu, dia meminta disrupsi tersebut seharusnya bisa dijadikan peluang bagi para pelaku domestik untuk melakukan berbagai terobosan dalam menarik minat masyarakat global. Dengan begitu, kelangsungan bisnis tetap terjaga atau bahkan bisa melakukan ekspansi usaha di tengah masa kedaruratan kesehatan ini.

"Jadi, disrupsi ini mestinya membawa keuntungan baru untuk bisa menciptakan pelaku usaha tangguh," tekannya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kemendag
  3. UMKM
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini