Berkat Dana Bansos, Menteri Sri Mulyani Yakin Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 5 Persen

Rabu, 24 April 2019 17:17 Reporter : Merdeka
Berkat Dana Bansos, Menteri Sri Mulyani Yakin Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 5 Persen Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati soal dana bansos. ©Liputan6.com/Ayu Lestari

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memperkirakan jika pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 5 persen pada kuartal I 2019. Hal ini dapat terjadi setelah pemerintah memberikan stimulus melalui dana bansos (bantuan sosial).

"Kuartal pertama mungkin tumbuh sekitar 5 persen," ungkapnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (24/4).

Menteri Sri Mulyani menambahkan, sepanjang Januari hingga Maret, pencairan untuk program-program bansos mengalami peningkatan. Sehingga ini akan meningkatkan pergerakan ekonomi.

"Pencairan di kuartal I meningkat karena Program Keluarga Harapan (PKH) naik dari sisi jumlah per keluarga dan pencairan untuk mereka terutama dana desa," ujarnya.

Maka dari itu, dia berharap dengan peningkatan ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi. "Kuartal I belanja pemerintah cukup tinggi terutama didorong oleh social spending. Kalau dari masyarakat atau komersial, mungkin kita lihat masih cukup baik karena inflasi rendah dan confidence dari masyarakat cukup tinggi," katanya.

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan data Kementerian Keuangan, pada kuartal I 2019 realisasi penyaluran dana bansos mencapai Rp 36,97 triliun. Realisasi ini meningkat pesat yaitu mencapai 106,62 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Reporter: Ayu Lestari Wahyu Puranidhi

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini