Beri Ketenangan Saat Krisis, Produk Syariah Turut Disukai Masyarakat Non Muslim

Selasa, 29 September 2020 14:51 Reporter : Merdeka
Beri Ketenangan Saat Krisis, Produk Syariah Turut Disukai Masyarakat Non Muslim syariah. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Keuangan dan Operasional Bank BNI Syariah, Wahyu Avianto, menyatakan bahwa produk dari perbankan syariah tidak hanya dikhususkan untuk umat Muslim, tetapi juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan. Hal ini menandakan bahwa tingkat inklusivitas perbankan syariah bukan hanya wacana, melainkan sudah ke tahap praktik.

"Di kantor cabang Kelapa Gading, saya pernah menemui ibu-ibu beretnis Tionghoa yang bisa membangun bisnis propertinya karena keuntungan yang dia dapatkan dari bank Syariah dan menemukan banyak non muslim terdaftar sebagai nasabah," kisah Wahyu pada sesi tanya jawab acara Workshop Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah yang diadakan lewat Zoom Meeting, Selasa (29/9).

Wahyu melihat tren ini sebagai hal yang positif dan sebagai bentuk besarnya inklusivitas dan perkembangan dari literasi masyarakat terhadap bank syariah. "Bagi mereka yang non Muslim, itu tidak masalah, karena mereka melihat produknya. Di luar ini menggunakan nilai agama Islam, mereka melihat apakah produk ini mampu menguntungkan atau tidak bagi mereka," ujar Wahyu.

Perbankan syariah juga mengutamakan ketenangan dalam mengatur keuangan agar lebih stabil. Sebab, memberi kepastian salah satunya dalam hal angsuran. "Mereka juga tertarik sama bank syariah karena kalau kita mengambil pembiayaan rumah kos di BNI Syariah, itu kan angsurannya tetap sampai lunas. Jadi, dalam kondisi krisis, dalam kondisi apapun juga mereka tenang. Karena, angsurannya sudah pasti," tambah Wahyu.

Berdasarkan persyaratan dan keuntungan yang diberikan, perbankan syariah mengajak semua orang untuk bisa bergabung, memberi kesempatan untuk berkolaborasi. Sehingga, setiap orang dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan gaya menabung masing-masing.

Baca Selanjutnya: Tokopedia Sediakan Layanan Syariah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini