Berantas Mafia, Erick Thohir Mulai Petakan Penerima Subsidi Listrik

Rabu, 19 Januari 2022 18:39 Reporter : Dwi Aditya Putra
Berantas Mafia, Erick Thohir Mulai Petakan Penerima Subsidi Listrik Erick Thohir. istimewa ©2021

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir akan melakukan pemetaan agar subsidi listrik yang diberikan pemerintah bisa efisien dan tepat sasaran. Menurutnya, pemetaan ini penting, agar jangan sampai pemberian subsidi ini justru dimanfaatkan oleh para mafia.

"Banyak pihak mafia yang lihat ini kesempatan untuk bagaimana menjadi istilahnya pengambilan keuntungan sepihak," kata Menteri Erick dalam konferensi pers, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/1).

Erick Thohir menjelaskan, dengan perkembangan digitalisasi, maka dapat membuka wilayah abu-abu dalam konteks penyaluran subsidi. Hal inilah yang kerap sekali justru akan dimanfaatkan oleh mafia.

"Karena itu dengan tadi digitalisasi akan membuka gray area atau keabu-abuan yang selama ini justru dimanfaatkan oleh banyak pihak, mafia-mafia yang lihat ini justru menjadi opportunity," katanya.

Oleh karena itu, tujuan dari pemetaan ini dilakukan supaya ke depan pemerintah bisa menggambarkan secara riil mana masyarakat yang perlu disubsidi, dan tidak perlu disubsidi. Mengingat, pandemi Covid-19 menyebabkan defisit APBN sangat besar.

"Dari KPK, DPR selalu menekankan bagaimana (subsidi) bisa masuk langsung ke rakyatnya. Kami, PLN mendukung yang bisa subsidi langsung tanpa melibatkan BUMN, saya rasa kami di BUMN malah sangat mendukung itu," pungkas dia. [idr]

Baca juga:
Kementerian ESDM Akui Sulit Pastikan Subsidi Listrik Tepat Sasaran
Subsidi Energi Habiskan Anggaran Rp131 Triliun di 2021, Terbanyak untuk BBM & LPG
Raup Rp4,3 M dari VCRR, PLN Target Beri Sambungan Listrik Gratis ke 18.000 Keluarga
Promo Sampai 31 Oktober, ini Cara Tambah Daya Listrik Cuma Bayar Rp202.100
Subsidi Energi 2022 Disetujui Rp134 T, Penyaluran Terbuka Listrik Cuma untuk 6 Bulan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini