Beralih ke Energi Terbarukan, Indika Energy Bangun PLTS Senilai Rp1,7 Triliun

Selasa, 16 Maret 2021 08:58 Reporter : Merdeka
Beralih ke Energi Terbarukan, Indika Energy Bangun PLTS Senilai Rp1,7 Triliun PLTS. energytoday.com

Merdeka.com - PT Indika Energy Tbk memastikan tidak lagi bertumpu kepada revenue dari batubara dalam lima tahun ke depan. Perusahaan berkomitmen akan beralih ke energi terbarukan.

Transformasi itu antara lain direalisasikan dalam bentuk kerja sama PT Indika Energy Tbk dan Fourth Partner Energy (4PEL) untuk menggarap bisnis tenaga surya di Indonesia. Kongsi tersebut melahirkan perusahaan baru bernama PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS)

Direktur Utama Indika Energy, Arsjad Rasjid mengatakan, EMITS akan menggabungkan kompetensi Fourth Partner Energy dalam membangun dan mengoperasikan lebih dari 550 MW pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di India dan sejumlah negara lainnya. Dengan estimasi kurs Rp14.000 per USD, nilai investasi EMITS setara dengan Rp7 triliun.

Menurut Arsjad Rasjid, kerja sama dengan Fourth Partner Energy juga merupakan wujud komitmen perusahaan dalam mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen pada tahun 2025.

Suka tidak suka, menurut dia, saat ini Indonesia masih bertumpu pada gas dan batu bara. Namun tidak ada kata terlambat untuk beralih ke energi terbarukan. Selain solar energy, hutan tanaman energi juga menjadi obsesi bisnis kelompok usaha Indika.

“Memang take time. Tapi harus dimulai, supaya mengurangi ketergantungan terhadap batu bara,” tuturnya dikutip Selasa (16/3).

Menurut Arsjad, program pengembangan bioenergi berbasis hutan energi merupakan upaya pencadangan kawasan hutan produksi yang khusus diperuntukan untuk pembangunan hutan energi sebagai sumber bahan baku bio energi. Indonesia memiliki banyak pohon yang bisa dijadikan sumber bahan baku bio energi.

Baca Selanjutnya: Dampak Sosial...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini