BEI Targetkan Investor Saham Semester I 2019 Capai 1 Juta SID

Jumat, 8 Februari 2019 15:43 Reporter : Merdeka
BEI Targetkan Investor Saham Semester I 2019 Capai 1 Juta SID Gedung BEI pasca insiden ambruknya selasar. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus akan menggenjot jumlah investor di bursa saham. Salah satunya ialah dengan menargetkan jumlah investor saham berdasarkan single investor identification (SID) sebanyak 1 juta investor pada semester I-2019.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi, menjelaskan pada saat ini jumlah investor saham telah mencapai 880.000 SID. Pihaknya pun mengaku telah menyiapkan sejumlah strategi guna mendorong target 1 juta investor SID dapat tercapai.

"Ini sesuai Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor 45/POJK.03/2015 tentang Penerapan Tata Kelola Dalam Pemberian Remunerasi Bagi Bank Umum. Kita berharap banyak di tahun ini semester akhir jumlah investor SID saham sejumlah 1 juta SID saham," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/1).

Dia menambahkan, BEI akan mengoptimalkan segala kanal distribusi dan literasi untuk memenuhi target 1 juta investor itu. Kata dia, sinergi antar platform akan terus ditingkatkan pada tahun ini.

"Jadi kita akan lakukan kerjasama yang baik dan mengoptimalkan distribusi kanal-kanal informasi yang ada di kita. Itu kita punya media, ada tv bursa yang terus lakukan literasi dan inklusi. Kemudian ada kantor perwakilan daerah yang secara reguler di pusat melakukan sekolah pasar modal," imbuhnya.

Tak hanya itu, dia juga mengungkapkan, BEI akan menggandeng komunitas serta memanfaatkan galeri investasi untuk meningkatkan jumlah investor saham di pasar modal.

"Kemudian kita juga punya galeri investasi yang tahun lalu sudah mencapai angka 412. Selain menyasar investor domestik ritel, kita juga bersama institusi potensial investor juga sudah mendekatkan diri. Sudah ada kerja sama antara BEI dengan asosiasi dana pensiun," pungkasnya.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini