Begini Tata Cara Mendaftar Jadi Peserta Kartu Prakerja

Jumat, 20 Maret 2020 11:51 Reporter : Merdeka
Begini Tata Cara Mendaftar Jadi Peserta Kartu Prakerja Menko Airlangga Saat Peluncuran Kartu Prakerja. ©2020 Foto: Zaki/Humas Ekon

Merdeka.com - Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini, Kementerian Koordinator Perekonomian (kemenko) meluncurkan kartu prakerja. Kartu ini menyediakan biaya pelatihan bagi yang sedang mencari pekerjaan ataupun yang tidak sedang mencari pekerjaan.

"Jadi baik itu buruh, karyawan, korban PHK maupun lulusan SMA ataupun kejuruan yang berusia 18 tahun ke atas, yang tidak sedang sekolah atau kuliah itu boleh mendaftar. Dan prioritas diberikan kepada pekerja muda, pencari kerja muda," ujar Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam video-konferensi dari Gedung Kemenko, Jakarta, Jumat (20/3).

Adapun skema Kartu Prakerja sangat mudah untuk diikuti. Setiap WNI di atas 18 tahun bisa mendaftarkan diri secara online di situs Kartu Prakerja. Kemudian, mereka bisa memilih berbagai jenis pelatihan melalui platform digital mitra resmi pemerintah.

Selain dapat diakses pada www.prakerja.go.id, informasi mengenai Kartu Prakerja dan pelatihan yang tersedia juga dapat diakses melalui delapan platform digital milik mitra resmi pemerintah. Registrasi untuk Kartu Prakerja baru akan dibuka pada awal April 2020.

1 dari 1 halaman

Jenis Pelatihan

rev1

Nantinya, akan ada dua jenis pelatihan yang diberikan, yaitu daring (online) maupun tatap muka (offline). Juga ada pilihan program pelatihan 3-in-1 (three in one) yaitu pelatihan, sertifikasi, dan penempatan yang tepat untuk pencari kerja.

"Dengan 11 mitra tersebut, mulai dari pendaftaran pemilihan pelatihan hingga pembayaran insentif pasca pelatihan sudah dapat dilakukan. Pelatihannya sendiri bisa online, offline dan bisa hybrid. Bisa model 2 in 1, 3 in 1, atau hanya 1," ujar Menko Airlangga.

Untuk setiap jenis program, pemerintah bersama platform digital menyeleksi lembaga pelatihan yang berkualitas baik dan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Para penyedia pelatihan dalam program Kartu Prakerja termasuk lembaga pelatihan swasta, lembaga pelatihan pemerintah, training center industri, universitas dan institusi pendidikan vokasi.

"Tentu karena situasi covid19 kami mendorong online terlebih dulu. Selanjutnya silakan penyelenggara kursus pelatihan yang bagus untuk mendaftar sebagai mitra penyedia pelatihan kartu prakerja di platform yang ada."

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Pendaftaran Peserta Kartu Prakerja Dimulai Awal April 2020
Kartu Prakerja Resmi Diluncurkan, Tiap Peserta Bisa Dapat Dana Hingga Rp 7 Juta
Pengangguran Indonesia Setara Penduduk Hong Kong dan Ujian Kartu Prakerja
Penganggur Muda Dikhawatirkan Tak Tertarik Ikut Program Kartu Pra Kerja
Moeldoko Tegaskan Kartu Prakerja Bukan Beri Gaji Pengangguran
Pelatihan Program Kartu Prakerja Harus Sesuai Kebutuhan Industri

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini