Begini Cara Bayar Tol Tanpa Sentuh, Masyarakat Bisa Unduh Aplikasi Mulai April 2023

Rabu, 7 Desember 2022 18:56 Reporter : Merdeka
Begini Cara Bayar Tol Tanpa Sentuh, Masyarakat Bisa Unduh Aplikasi Mulai April 2023 Ilustrasi e-Money. ©2017 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Penerapan sistem pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) rencananya akan dimulai awal tahun 2023.

Sejauh ini, Badan Pengelola Jalan Tol Kementerian PUPR telah memasang beberapa gerbang tol khusus untuk menerapkan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) ini. Uji coba terbatas akan dimulai pada Januari 2023.

Project Manajemr PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Emil Iskandar menjelaskan, tahapan uji coba akan dimulai pada periode Januari-April 2023 dan akan menyasar sejumlah kelompok internal yang dipilih.

Kemudian, pada April 2023, pihaknya akan merilis aplikasi untuk pembayaran tol bernama Cantas. Pada tahap ini masyarakat bisa mengunduh aplikasi di smartphone masing-masing.

Setelah mengunduh, masyarakat bisa melakukan registrasi pada aplikasi tersebut. Setidaknya, pengguna perlu memasukkan informasi mengenai plat nomor kendaraan yang dipakai. Kendati, rincian mengenai data yang perlu dimasukkan masih akan disempurnakan, kemudian sejalan dengan proses uji coba internal yang dilakukan.

"Januari itu testing, nanti di April mulai proses registrasi ke aplikasi. Masyarakat sudah bisa download aplikasi dan mulai registrasi," tutur Emil dalam diskusi di Jakarta, Rabu (7/12).

Setelah itu, uji coba operasional pertama kali akan dilakukan pada Juni 2023. Ini dilaksanakan di Jalan Tol Bali Mandara. Trafik yang cenderung masih sedikit jadi alasan utama uji coba dilakukan di ruas tol ini.

Sistem MLFF mengandalkan teknologi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) di mana pergerakan kendaraan saat melewati jalan tol akan dideteksi melalui teknologi satelit tersebut.

Nantinya untuk melintasi jalan tol, pengguna cukup menekan tombol 'start' pada aplikasi Cantas sebelum masuk memasuki jalan tol. GPS akan menentukan posisi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map matching akan berjalan di central system.

Saat perjalanan berakhir dan kendaraan keluar tol, maka proses map matching berakhir. Secara otomatis, aplikasi akan mengkalkulasi tarif dan kemudian saldo akan terpotong secara otomatis. Rencana pemerintah mentransformasi sistem tol ini salah satunya dilatarbelakangi hasil studi kelayakan yang dilakukan Roatex Indonesia Toll System.

2 dari 2 halaman

Dikembangkan ke 40 Ruas Tol

Kemudian, secara bertahap mulai Juni 2023, pemerintah akan membuka uji coba di ruas-ruas tol lainnya di Indonesia. Total akan ada 40 ruas yang akan melayani MLFF pada Desember 2023 mendatang.

"Nah Juni mulai transisi sudah end to end sampai payment, kita mulai di Bali. Nanti baru dari Juni ke Desember akan dibuka bertahap hingga 40 ruas sampai di Desember 2023," ujarnya.

Ruas tol yang ditarget akan diterapkan sistem MLFF ini di antaranya jalan tol Trans Jawa. Termasuk juga ruas tol di Jabodetabek, mengingat kesiapan infrastruktur yang disebut telah memadai.

"Target kita setidaknya Pulau Jawa itu sudah pakai semua. Trans Jawa dan Jabodetabek itu sudah bisa pakai MLFF," terangnya.

Reporter: Arief Rahman Hakim

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Survei YLKI: 92 Persen Setuju Pembayaran Tol Tanpa Sentuh, Melanggar Kena Denda
Pemerintah Mulai Uji Coba Bayar Tol Tanpa Sentuh di Bali pada Juni 2023
Dimulai Desember 2022, Begini Cara Bayar Tol Tanpa Sentuh
Aplikasi Bayar Tol Tanpa Sentuh Meluncur Bulan Depan, Kapan Beroperasi Penuh?
Tol JORR Dipasang Tiang Sensor Pembayaran Tol Tanpa Sentuh, Mulai Uji Coba?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini