BCA gelontorkan Rp 70 miliar perbaiki ATM yang alami gangguan

Senin, 28 Agustus 2017 15:05 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
BCA gelontorkan Rp 70 miliar perbaiki ATM yang alami gangguan ATM BCA. Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan perbaikan 5.700 atm yang terkena dampak anomali satelit Telkom 1 akan menelan biaya sebesar Rp 50 miliar hingga Rp 70 miliar. Perbaikan tersebut membutuhkan waktu hingga 2 minggu.

"Antara 50 miliar sampai 70 Miliar kurang lebih tergantung frekuensi transaksi ya dan kecepatan kita juga untuk melakukan recovery ya kalau kita semakin cepat melakukan recovery tentu dia juga akan semakin rendah ya," kata Jahja, di kantornya, Senin (28/8).

Dia mengungkapkan, sebagian besar ATM yang bermasalah berada di kota-kota kecil sehingga dibutuhkan extra effort dalam perbaikannya.

"Tentunya harus ada perjalanan segala macam karena kita belum disentralisasi jadi harus masih kunjungan dari tim pusat. Nanti itu akan ada biaya lagi traveling waktu dan lain-lain kita perkirakan sekitar itu lah (Rp 50-70 miliar)," ujarnya.

Meski harus mengeluarkan biaya besar, Jahja menegaskan hal tersebut tidak akan mempengaruhi kesehatan keuangan BCA. "Tetapi memang hal itu adalah demi kepuasan masyarakat dan menjaga agar service level kita juga baik," ungkapnya.

Perbaikan setiap lokasi akan dilakukan oleh dua tim dari BCA dan dari provider yaitu Telkom. Mereka akan meroute ulang ATM tersebut dan mengalihkannya ke satelit lain.

"Dari 5.700 itu 2.000 dari Telkom 1 itu kita akan pindahkan ke Apstar 5, kemudian 3.000 lebih sisanya akan pindahkan ke satelit Telkom lainnya yaitu Telkom 3S," ungkapnya.

Selain memperbaiki 5700 mesin ATM, BCA juga harus merecovery 126 Kantor Kas yang juga terkena gangguan satelit.

"Sampai tadi pagi, sekitar 121 dari 126 sudah bisa operasi normal tinggal 5. Saya kira sampai sore ini yang 5 ini juga bisa diselesaikan oleh tim kita. jadi kita mendahulukan Kantor Kas," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini