Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa Tergerus jadi USD 124,3 Miliar

Senin, 7 Oktober 2019 11:04 Reporter : Idris Rusadi Putra
Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa Tergerus jadi USD 124,3 Miliar dolar AS. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia sebesar USD 124,3 miliar di September 2019. Angka ini lebih rendah dibanding posisi cadangan devisa Agustus lalu yang mencapai USD 126,4 miliar.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Junanto Herdiawan mengatakan, penurunan cadangan devisa karena pembayaran utang luar negeri pemerintah dan berkurangnya penempatan valas perbankan di Bank Indonesia.

Meski demikian, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," ucap Junanto dikutip keterangannya di Jakarta.

Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini