Baru Berdiri, GoTo Langsung Incar Segera IPO Tahun ini

Rabu, 19 Mei 2021 17:14 Reporter : KataData
Baru Berdiri, GoTo Langsung Incar Segera IPO Tahun ini Pergerakan IHSG. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - GoTo, perusahaan hasil merger Gojek dan Tokopedia, berencana menggelar penawaran saham perdana atau Initial Public Offering sebelum akhir tahun ini. Perusahaan raksasa teknologi ini akan memprioritaskan IPO di pasar saham Indonesia.

CEO GoTo Andre Soelistyo menjelaskan, pihaknya kini tengah fokus mempersiapkan IPO setelah merampungkan proses merger. Penawaran saham perdana akan dilakukan pada GoTo sebagai perusahaan induk nonoperasional Gojek dan Tokopedia.

"Mudah-mudahan sebelum akhir tahun ini, kami sudah bisa IPO," ujar CEO GoTo Andre Soelistyo dalam pertemuan dengan beberapa pemimpin redaksi, Rabu (19/5).

Andre menjelaskan, pihaknya akan memprioritaskan pasar saham di dalam negeri untuk menggelar IPO. Saat ini, pihaknya masih mempelajari sejumlah regulasi untuk dapat melantai di bursa efek.

"Sekarang saya belum bisa menjelaskan secara detail karena baru menyelesaikan proses merger. Jadi saya belum dapat menjelaskan porsi saham yang dilepas dan skema IPO-nya," kata Andre.

Terkait kemungkinan dual listing di bursa saham AS, Andre mengatakan saat ini juga masih dalam kajian. "Seperti kita ketahui sebelumnya, sudah ada Telkom dan Indosat. Kami masih mengkaji," ujarnya.

Grup GoTo menggabungkan layanan perdagangan elektronik (e-commerce), pengiriman barang dan makanan, transportasi, dan keuangan. Perusahaan juga akan memberikan layanan keuangan bernama GoTo Financial yang mencakup layanan GoPay, jasa keuangan, dan solusi bisnis mitra usaha.

Total valuasi GoTo mencapai US$ 18 miliar atau sekitar Rp 257 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per USD) berdasarkan putaran penggalangan dana Gojek 2019 dan Tokopedia di awal 2020. Valuasi tersebut membawa GoTo sebagai startup unicorn dengan valuasi ke-11 tertinggi di dunia jika merujuk pada data CB Insights.

Baca selengkapnya rencana IPO GoTo di berita KataData ini. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini