Barisan dukungan buat sang tersangka Dahlan Iskan

Rabu, 10 Juni 2015 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Barisan dukungan buat sang tersangka Dahlan Iskan Dahlan Iskan di Merdeka.com. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Mantan Menteri badan Usaha MIlik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, resmi ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI pada Jumat (6/6). Penetapan ini atas dugaan korupsi atas pembangunan mega proyek 21 Gardu Induk Listrik di daerah Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Bali, dengan senilai Rp 1,063 triliun.

Kasus Dahlan bermula ketika menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 1,063 triliun pada tahun 2011-2013. Berdasarkan hasil perhitungan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan DKI Jakarta, kerugian negara akibat kasus ini diperkirakan sebesar Rp 33,2 miliar.

Dahlan Iskan mengaku ikhlas menerima penetapan dirinya sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. "Penetapan saya sebagai tersangka ini saya terima dengan penuh tanggung jawab. Setelah ini saya akan mempelajari apa yang sebenarnya terjadi dengan proyek-proyek gardu induk tersebut karena sudah lebih dari tiga tahun saya tidak mengikuti perkembangannya," kata Dahlan dalam siaran persnya.

Dahlan mengaku sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) akan bertanggungjawab, termasuk apapun yang dilakukan oleh anak buahnya dalam proyek itu. Sebab, semua KPA memang menekan surat pernyataan akan bertanggungjawab atas proyek.

"Saya juga banyak ditanya soal usulan-usulan saya untuk menerobos peraturan-peraturan yang berlaku. Saya jawab bahwa itu karena saya ingin semua proyek bisa berjalan. Saya kemukakan pada pemeriksa bahwa saya tidak tahan menghadapi keluhan rakyat atas kondisi listrik saat itu. Bahkan beberapa kali saya mengemukakan saya siap masuk penjara karena itu," katanya.

Atas penetapan Dahlan sebagai tersangka ini, sejumlah kalangan memberikan dukungannya. Salah satunya Wakil Presiden Jusuf Kalla. Berikut merdeka.com akan merangkum para pendukung Dahlan ini.

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini