Bappenas: Jembatan Layang Sitinjau Laut Dibangun 2022 dengan Anggaran Rp1,28 Triliun

Kamis, 8 April 2021 16:15 Reporter : Idris Rusadi Putra
Bappenas: Jembatan Layang Sitinjau Laut Dibangun 2022 dengan Anggaran Rp1,28 Triliun Menteri Suharso Monoarfa. ©Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan bahwa pembangunan jembatan layang Sitinjau Laut yang merupakan jalan nasional menghubungkan Padang dengan Jambi akan dimulai pada 2022 dengan anggaran sebesar Rp1,28 triliun.

"Pembangunan jembatan layang Sitinjau Laut merupakan salah satu proyek utama yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional dari 35 proyek nasional besar yang ada di beberapa daerah saat ini," kata dia dikutip dari Antara Padang, Kamis (8/4).

Dia menyampaikan hal itu saat meninjau jalur Sitinjau Laut didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan sejumlah pejabat terkait.

Menurut dia, jembatan layang Sitinjau Laut masuk dalam proyek nasional karena kondisinya yang strategis sehingga perlu dibangun jembatan layang untuk memastikan keselamatan lalu lintas. "Manajemen keselamatan transportasi itu diatur oleh Bappenas," kata dia.

Suharso bercerita bahwa sejak 2012 sebenarnya sudah ada studi kelayakan, dan saat ini pihaknya melakukan ulasan . "Saya berharap agak cepat dilakukan, tahun depan peletakan batu pertama dan 2024 sudah selesai," kata dia.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi bersyukur dan berbangga atas kedatangan Menteri Kabinet Indonesia Maju ke Sumbar dalam rangka mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kemaren bersama Wapres RI ada Menteri Perdagangan, Wakil Menteri PUPR, Wakil Menteri Kesehatan dan hari ini Menteri PPN/Bappenas yang telah memberikan motivasi dalam menggairahkan kemajuan pembangunan di Sumbar," kata dia.

Dia mengatakan, pemerintah provinsi bersama komponen pembangunan daerah dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengawal menyukseskan semua program nasional di Sumbar.

Baca Selanjutnya: Dikenal Jalur Maut...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini