Bappenas Dapat Tugas Buat Master Plan Masa Depan UMKM Indonesia

Kamis, 22 Oktober 2020 18:27 Reporter : Anisyah Al Faqir
Bappenas Dapat Tugas Buat Master Plan Masa Depan UMKM Indonesia UMKM. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mendapat tugas untuk menyusun rancangan utama (master plan) masa depan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia. Ini harus dilakukan karena pergerakan ekonomi nasional lebih banyak ditopang sektor UMKM yang berdaya tahan.

"Di Bappenas kita mendapatkan tugas menyusun sebuah master plan mengenai UMKM ke depan seperti apa," kata Suharso dalam webinar bertajuk Revitalisasi UMKM, Pembiayaan dan Digitalisasi, Jakarta, Kamis (22/10).

Besarnya peran UMKM selama ini masih dibiarkan tumbuh seadanya. Tak heran sektor UMKM ini lebih cepat perkembangannya dibandingkan industri atau perusahaan besar di Tanah Air.

Menurutnya, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kategorisasi UMKM. Tujuannya agar pemerintah bisa memberikan intervensi yang tepat untuk perkembangan dan keberlanjutan UMKM.

"Harus ada paradigma baru dalam mengkategorisasikan (UMKM) sehingga kita bisa tahu persis kemana arah treatment dilakukan," kata Suharso.

Baca Selanjutnya: Contoh Konsep Program...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bappenas
  3. UMKM
  4. Suharso Monoarfa
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini