Bappenas Beberkan Kontribusi Digitalisasi Terhadap Perekonomian RI

Kamis, 15 Agustus 2019 15:57 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Bappenas Beberkan Kontribusi Digitalisasi Terhadap Perekonomian RI pertumbuhan ekonomi. shutterstock

Merdeka.com - Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Leonardo Adypurnama mengatakan, pertumbuhan ekonomi digital kian melesat. Bahkan telah memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian RI secara nasional.

"Dan ini juga terlihat bagaimana trennya dari struktur ekonomi kita pertumbuhan ekonomi 5 persen yang sekarang ada juga digerakan oleh sektor teknologi informasi dan komunikasi," kata dia, di Le Meridien, Jakarta, Kamis (15/8).

Tidak hanya dari segi nilai tambah, ekonomi digital juga mampu mendongkrak angka pertumbuhan lapangan pekerjaan baru di Indonesia. Pria yang akrab disapa Teguh tersebut menungkapkan sektor ekonomi digital mampu menciptakan lapangan pekerjaan lebih banyak dari rata-rata angka pertumbuhan nasional.

"Menciptakan lapangan pekerjaan lebih tinggi mencapai 9 persen sedangkan rata rata di indonesia sekitar 1,2 persen, jadi sangat jauh pertumbuhan lapangan kerja di sektor ini," ujarnya.

Sektor Informasi dan Komunikasi masih melanjutkan tren pertumbuhan di atas 7 persen, jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini menjadi indikasi peningkatan peran ekonomi digital. Selain itu, sektor transportasi dan pergudangan juga tumbuh lebih dari 7 persen.

"Pertumbuhan yang tinggi ini salah satunya didorong pertumbuhan e-commerce dan transportasi on-demand seperti Gojek dan Grab," tutupnya. [azz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini