Banyak Bisnis Mulai Go Digital, Simak Tips Bertahan di Ketatnya Persaingan

Kamis, 15 Oktober 2020 17:00 Reporter : Wuri
Banyak Bisnis Mulai Go Digital, Simak Tips Bertahan di Ketatnya Persaingan Banyak Bisnis Mulai Go Digital, Simak Tips Bertahan di Ketatnya Persaingan. ©Shutterstock

Merdeka.com - Pandemi membuat banyak bisnis berlomba untuk go digital demi dapat bertahan. Di saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memukul sektor bisnis yang berjalan secara offline, justru pertumbuhan positif terlihat dari jual beli online yang ikut mendorong ekonomi digital di tanah air. Menurut Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Filianingsih Hendarta yang dilansir dari Liputan6, transaksi e-commerce naik sebesar 26% selama pandemi. Bahkan transaksi harian meningkat hingga 4,8 juta.

Data ini tentunya memberikan harapan tersendiri terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tetap survive. Namun, di tengah banyaknya bisnis yang mulai go digital, bagaimana sih strategi agar bisa bertahan di ketatnya persaingan?

Temukan Signature atau Keunikan Produk yang Ditawarkan

banyak bisnis mulai go digital simak tips bertahan di ketatnya persaingan

©Shutterstock

Keunikan produk adalah hal yang wajib ada jika ingin bertahan di ranah bisnis digital. Di antara sekian banyak barang yang dijual secara digital, produkmu harus punya keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan produk sejenis.

Misalnya, bisnis Korean garlic bread saat ini mungkin terlihat menggiurkan karena lagi viral. Tapi, kamu harus punya signature product yang unik dan membedakan dengan garlic bread lainnya. Misalnya fokus pada varian rasa atau menciptakan fusion dengan makanan lainnya. Trik ini bisa bikin produk kamu lebih menonjol dibandingkan kompetitor lainnya.

Buatlah Branding agar Lebih Dikenal Pelanggan

banyak bisnis mulai go digital simak tips bertahan di ketatnya persaingan

©Shutterstock


Branding ibarat identitas dalam bisnis digital. Jika ingin membuat produk kamu melekat dalam ingatan pelanggan, buatlah branding yang baik. Mulai dari mencari nama produk yang mudah diingat, logo yang simpel tapi bisa jadi ciri khas, dan pilihan warna yang identik dengan brand tersebut.

Selanjutnya, perkenalkan masyarakat terhadap brand dan produk yang dijual lewat website dan media sosial. Mulai dari secara rutin melakukan update tentang informasi produk terbaru di website dan menyebarkannya lewat media sosial. Nggak hanya lewat foto, bisa juga memanfaatkan video berdurasi singkat yang menarik untuk disebar di Instagram atau pun TikTok. Kunci dari branding adalah konsistensi, jadi kamu harus melakukannya secara rutin demi menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Lakukan Promo Online

banyak bisnis mulai go digital simak tips bertahan di ketatnya persaingan

©Shutterstock

Salah satu strategi yang efektif untuk menjangkau pelanggan adalah lewat promo online. Misalnya dengan rutin memberikan diskon, promo spesial, atau mengadakan giveaway. Selain itu, kamu juga harus memikirkan strategi bagaimana pelanggan mau menyebarkan informasi tentang produk yang kamu jual. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengadakan giveaway.

Giveaway membuka kesempatan untuk menambah jumlah follower sekaligus membuat postinganmu terus menyebar secara masif. Kamu bisa membuat giveaway seru yang menarik netizen, misalnya share atau komen postingan sebanyak-banyaknya, kuis atau tebak-tebakan, bisa juga lewat tantangan screenshot yang banyak disukai netizen untuk seru-seruan.

Terus Berinovasi

banyak bisnis mulai go digital simak tips bertahan di ketatnya persaingan

©Shutterstock

Membuat pelanggan mau mencoba produk yang kamu jual mungkin gampang. Tapi, PR atau tantangan berikutnya adalah bagaimana cara mereka mau kembali dan menjadi pelanggan tetap produkmu? Di sinilah seorang pebisnis diuji untuk membuat strategi yang tepat untuk membentuk loyalitas.

Inovasi bisa menjadi kunci untuk membuat pelanggan melakukan repeat order. Dengan terus berinovasi, pelanggan lama bisa kembali untuk melakukan pembelian kedua, ketiga, dan seterusnya. Inilah pentingnya terus menggali inspirasi dan belajar tiada henti. Jangan lupa sharing dengan pelaku bisnis lainnya untuk mendapatkan ilmu baru yang bisa membantu usahamu. Seperti cerita usaha bisnis Bornndeer yang didirikan oleh Saputri.

Meskipun menghadapi pandemi, perempuan yang akrab disapa Putri ini tetap bisa menjalankan bisnis dengan lancar yang semuanya dilakukan dari rumah. Meskipun ada beberapa proses produksi yang bekerja sama dengan pihak lain, tapi tetap menerapkan physical distancing. Kerja sama ini juga menjadi bagian dari upaya saling membantu UMKM agar tetap survive melawan pandemi, lho!

Selain itu, salah satu kesuksesan Putri mengembangkan bisnis apparel ini adalah dengan menghadirkan metode pembayaran yang mudah buat pelanggan, yaitu dengan bergabung di DANA Bisnis. Mau tahu bagaimana DANA Bisnis membantu Bornndeer tetap bertahan di tengah pandemi? Yuk, tonton video selengkapnya di sini! [wri]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Advertorial

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini