Bantah Prabowo, Menteri Bambang Bilang Unicorn Justru Bawa Dana Asing Masuk RI

Selasa, 19 Februari 2019 13:15 Reporter : Anggun P. Situmorang
Bantah Prabowo, Menteri Bambang Bilang Unicorn Justru Bawa Dana Asing Masuk RI Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro soal unicorn. ©2018 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto, mengatakan keberadaan unicorn di Indonesia akan mempercepat dana lari ke luar negeri. Hal ini disampaikan saat melakukan debat kedua capres di Hotel Sultan, Jakarta beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, keberadaan unicorn justru membuat dana masuk ke Indonesia. Sebab, para investor akan menanam dananya secara langsung pada unicorn.

"Tidak capital outflow. Justru itu kan menjadi FDI (investasi langsung). Kan kalau misalkan unicorn kita sahamnya sebagian dimiliki asing, tadinya milik lokal, itu kan kalau dihitungan balance of payment itu inflow," ujarnya di Hotel Ayana, Jakarta, Selasa (19/2).

Menteri Bambang mengatakan, keberadaan unicorn bahkan bisa menjadi salah satu daya tarik untuk membawa lebih banyak investasi ke Indonesia. "Jadi justru perusahaan Indonesia bisa menjadi penarik FDI masuk, capital inflow, bukan capital outflow," tegasnya.

Menteri Bambang melanjutkan, memang akan ada dana yang akan keluar jika unicorn semakin banyak. Namun, hal itu dalam bentuk deviden yang wajib dibayarkan oleh perusahaan terhadap pemegang saham.

"Ya kan semua FDI ada deviden keluar. Kamu kaya tidak ngerti aja. Tapi kan, jauh lebih besar inflownya daripada deviden outflownya. Dan kita juga melihat kalau unicorn ini berkembang, sebagian deviden dipakai untuk investment lagi," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini