Bank Mandiri Salurkan Rp251 M ke 3.114 UMKM di 7 Destinasi Wisata Prioritas

Jumat, 13 September 2019 09:43 Reporter : Merdeka
Bank Mandiri Salurkan Rp251 M ke 3.114 UMKM di 7 Destinasi Wisata Prioritas Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan. ©2019 Merdeka.com/Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - PT Bank Mandiri (Persero) terus mendorong pengembangan sektor pariwisata demi pemerataan ekonomi. Hingga saat ini, Bank Mandiri telah menyalurkan kredit ke UMKM di sektor pariwisata senilai Rp2,48 triliun, terhitung dari Januari hingga Agustus 2019.

Pembiayaan ini tercatat telah menyentuh 7 dari 10 destinasi wisata prioritas yang akan jadi The New Bali. Ketujuh destinasi tersebut ialah Danau Toba, Tanjung Kelayang, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, Bromo Tengger, Borobudur dan Mandalika dengan total Rp251 miliar kepada 3.114 UMKM.

Menurut Direktur Retail Bank Mandiri, Donsuwan Simatupang, keberadaan UMKM sangat penting untuk menunjang kebutuhan wisatawan saat berlokasi ke destinasi wisata. "Semakin banyak UMKM terlibat diharapkan bisa menciptakan persaingan sehat di sektor pariwisata sehingga kualitas layanan lebih efisien," ujar Donsuwan saat ditemui di Bali, kemarin.

Sementara, sebaran usaha yang menjadi obyek pembiayaan Bank Mandiri di sektor pariwisata meliputi usaha penyediaan penginapan (homestay), kerajinan makanan/oleh-oleh khas daerah, usaha kafe, rumah makan, restoran dan penyewaan transportasi.

Selain menyalurkan kredit, Bank Mandiri juga memberikan pendampingan pengelolaan usaha kepada UMKM, contohnya memperkenalkan layanan digital untuk promosi dan pembayaran.

"Di Desa Kutuh, Bank Mandiri bekerjasama dengan Google Business untuk promosi di Google. Untuk pembayaran onlinenya nanti bisa melalui layanan online Mandiri," ujar Donsuwan.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini