Bank Mandiri prediksi kenaikan The Fed Rate pada akhir 2015

Selasa, 23 Desember 2014 16:33 Reporter : Angga Yudha Pratomo
Bank Mandiri prediksi kenaikan The Fed Rate pada akhir 2015 Bank Mandiri. ©Istimewa

Merdeka.com - Bank Mandiri memprediksi kenaikan suku bunga The Fed akan dilakukan pada akhir 2015. Pasalnya, hingga saat ini, BUMN tersebut tidak melihat hal mendesak sehingga The Fed harus menaikkan suku bunganya.

"Kalau di ujung tahun 2015 tidak terlalu khawatir," kata Ekonom Senior Mandiri Sekuritas, Aldian Taloputra, di Jakarta, Selasa (23/12).

‪Pihaknya yakin, dengan tekanan inflasi Amerika yang rendah maka The Fed tidak akan terburu-buru menaikkan suku bunga acuannya.‬ Pasalnya, konsumsi belanja yang kecil membuat angka inflasi aman.

"Makanya kami berani mengatakan kalau Fed nggak akan naik dalam waktu dekat. Fed akan menaikkan ratenya kalau inflasi mengancam," terangnya.

Sebelumnya, sejumlah negara berkembang mendesak bank sentral Amerika Serikat, The Fed, untuk segera memastikan kapan rencana pemangkasan stimulus moneternya dilaksanakan. Soalnya, ketidakpastian itu sudah sangat jelas berdampak pada ekonomi negara berkembang yang bergejolak.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan desakan itu menguat saat pertemuan negara anggota G20 di Rusia, pekan lalu. Indonesia bersama China dan India, termasuk negara yang memprotes sikap The Fed yang menutupi rencana pengurangan stimulusnya itu.

"Seharusnya bisa dibikin road map. Mereka bisa bilang September akan diambil berapa. Kalau itu jelas kami bisa hitung berapa pelarian modal keluar yang akan terjadi, jadi bisa segera kami antisipasi," ujarnya saat ditemui di DPR-RI, Jakarta, Senin (9/9).

Waktu pelaksanaan yang tidak pasti, membuat investor berspekulasi. Akibatnya, pasar keuangan di negara berkembang bergejolak, aliran modal masuk terhambat. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini