Bank Indonesia: Optimisme Konsumen November 2019 Menguat

Kamis, 5 Desember 2019 12:23 Reporter : Dwi Aditya Putra
Bank Indonesia: Optimisme Konsumen November 2019 Menguat Ilustrasi supermarket. © therichest.com

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan hasil survei konsumen pada November 2019 mengindikasikan optimisme konsumen menguat. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2019 yang meningkat menjadi 124,2, dari IKK pada bulan sebelumnya sebesar 118,4.

"Peningkatan optimisme konsumen terjadi pada seluruh kelompok pengeluaran," kata Direktur Eksekutif Komunikasi BI, Onny Widjarnako, dikutip dari laman resmi, Kamis (5/12).

Optimisme konsumen yang menguat didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik didorong oleh persepsi yang lebih baik terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).

"Di samping itu, Bank Indonesia melihat konsumen memiliki ekspektasi yang lebih baik terhadap kondisi ekonomi ke depan, baik pada kondisi kegiatan usaha, ketersediaan lapangan kerja, maupun penghasilan yang akan diterima," katanya.

1 dari 1 halaman

Tekanan Kenaikan Harga Melambat 3 Bulan ke Depan

harga melambat 3 bulan ke depan

Sementara, hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga dalam 3 bulan mendatang (Februari 2020) diprakirakan melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga 3 bulan mendatang yang menurun dibandingkan dengan tekanan harga pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, tekanan kenaikan harga diperkirakan akan sedikit meningkat pada 6 bulan mendatang (Mei 2020). Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga 6 bulan mendatang yang lebih tinggi dari indeks pada bulan sebelumnya

"Kenaikan tersebut terutama didorong oleh peningkatan permintaan barang dan jasa pada periode bulan Ramadhan dan Idulfitri," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
BI Dorong Swasta Tingkatkan Porsi Pembiayaan Proyek Infrastruktur
Strategi BI Hadapi 'Musim Dingin' Ekonomi Global yang Tak Kunjung Usai
Bank Indonesia: Rasio Infrastruktur RI terhadap PDB Masih Rendah
Rupiah Dibuka Loyo di Awal Pekan Ini
Bank Mandiri Cabang Sorong Jadi Kantor Pengelola Kas Titipan Terbaik di 2019
BI Catat Pertumbuhan Likuiditas Oktober 2019 Melambat
BI Berikan 39 Penghargaan dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini