Bank Indonesia gelar "Phasing Out Klaster Alas Kaki Cibaduyut"

Rabu, 25 November 2015 13:59 Reporter : Astri Agustina
Bank Indonesia gelar Phasing Out Klaster Alas Kaki Cibaduyut. ©2015 Merdeka.com/ Astri Agustina

Merdeka.com - Bank Indonesia menggelar acara bertajuk "Phasing Out Klaster Alas kaki Cibaduyut" di Hotel Harris, Jalan Peta, Rabu (25/11).

Menurut Deputi kepala perwakilan bank indonesia Jabar, Soekowardodjo, kegiatan ini merupakan pelepasan BI yang sudah melakukan pembinaan kepada pengrajin atau pengusaha alas kaki Cibaduyut.

"Kamu mengawali klaster ini sejak 2012 lalu jadi sudah saatnya kamu melepaskan karena sudah lebih tiga tahun ini," ujar Soekowardodjo kepada Merdeka.com, Rabu (25/11).

Program klaster dari BI ini merupakan upaya pembinaan kepada para pelaku usaha kecil menengah agar bisa berkembang dan memiliki daya saing tinggi dengan produk luar negeri. Gempuran produk asing ke dalam negeri membuat para pelaku UMKM harus lebih inovatif dan kreatif sehingga bisa bersaing dengan produk luar. Untuk itu, BI melakukan program klaster kepada para pelaku UMKM di Jabar.

"Sekarang kami sudah menyerahkan para pengrajin atau pengusaha alas kaki Cibaduyut ini ke pemerintah daerah untuk terus dibina. Selama tiga tahun belakangan kami melakukan pembinaan, kami merasa para pengrajin dan pelaku usaha sudah bisa menghadapi era globalisasi," jelasnya. [frh]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini