Bank Indonesia Catat Aliran Modal Asing Masuk Capai Rp180,7 T per Akhir Agustus

Jumat, 30 Agustus 2019 14:28 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Bank Indonesia Catat Aliran Modal Asing Masuk Capai Rp180,7 T per Akhir Agustus Bank Indonesia Turunkan Bunga Acuan. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing masuk ke Indonesia (capital inflow) hingga akhir Agustus 2019 sebesar Rp180,7 triliun. Aliran tersebut masuk melalui berbagai instrumen.

"Masuk melalui sejumlah instrumen, di antaranya Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp118,9 triliun dan saham sebesar Rp60,7 triliun," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo saat ditemui di Masjid Kompleks Gedung BI, Jakarta, Jumat (30/8).

Dia menegaskan lancarnya aliran modal asing yang masuk ke Indonesia menandakan bahwa perekonomian nasional dipandang memiliki prospek yang baik dan investasi imbal hasil yang menarik oleh investor.

"Hal ini menujukkan bahwa seminggu ini ada kenaikan aliran modal asing totalnya Rp3,2 triliun, ke SBN sebesar Rp4,1 triliun," ujarnya.

Selain itu, kredit premi risiko yang diukur dengan Credit Default Swap turut menurun sejak lima tahun lalu. Pada minggu ini turun juga 90,4 basis poin atau lebih rendah sebelumnya 0,90 basis poin dari sebelumnya 91,9 basis poin.

"Kebijakan ini ditempuh dengan sejalan tetap rendahnya inflasi dan perlunya dorong perekonomian di tengah kondisi ketidakpastian global. Ke depan Bank Indonesia melihat bahwa ruang masih terbuka untuk kebijakan moneter yang akomodatif," tutupnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini