Himbara Siap Salurkan Penempatan Dana Rp30 Triliun, Ini Fokus Sektornya

Rabu, 1 Juli 2020 12:08 Reporter : Anisyah Al Faqir
Himbara Siap Salurkan Penempatan Dana Rp30 Triliun, Ini Fokus Sektornya Direktur Utama Bank BRI Sunarso. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama bank-bank Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) bertandang ke gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam kesempatan tersebut, para dirut dan pihak OJK melakukan koordinasi terkait fokus penyaluran kredit perbankan agar bisnis di Indonesia kembali tumbuh.

Sebelumnya, pemerintah telah menempatkan dana sebesar Rp30 triliun di 4 Bank Himbara yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Mandiri. Tujuannya ialah untuk menambah likuiditas bank-bank dalam menjalankan tugas untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

"Kami menerima dana Rp30 triliun dalam waktu 3 bulan dan harus melakukan ekspansi kredit sebanyak minimal 3 kali berarti Rp90 triliun," kata Sunarso di kompleks gedung Bank Indonesia, Rabu (1/7)

Sunarso mengatakan, pertemuan para direktur Bank Himbara dengan OJK pagi ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan bank Himbara untuk melakukan 3 kali ekspansi penempatan dana pemerintah. Dalam pertemuan itu semua pihak siap dan berkomitmen untuk menyalurkan penempatan dana pemerintah ini.

"Kami sampaikan bahwa kesiapan kami semua siap dan komit untuk penempatan dana pemerintah kali ini," imbuhnya.

Dia menjelaskan penyaluran dana pemerintah ini akan diberikan kepada sektor pemenuhan kebutuhan pangan dan pendukung, dan distribusinya. Sektor pariwisata juga akan menjadi sasaran, terutama di wilayah yang mulai membuka PSBB secara disiplin dan terukur untuk bergerak.

Baca Selanjutnya: Adapun tiap bank akan fokus...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini