Bank Dunia Tawarkan Pinjaman Dengan Bunga Rendah

Rabu, 26 Maret 2008 09:58 Sumber :
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Bank Dunia siap menawarkan paket pinjaman dengan persyaratan mudah dan berbunga rendah untuk menutupi kebutuhan pembiayaan defisit pemerintah.

"Kami telah memodernisasi semua skema pinjaman kami dan menurunkan suku bunga pinjaman. Suku bunga kami berbasis LIBOR (The London Interbank Offered Rate-red) saja, sedangkan bunga obligasi internasional Indonesia sekitar LIBOR plus 200 basis poin," kata Country Director Bank Dunia untuk Indonesia, Joachim von Amsberg di Jakarta, Selasa.

LIBOR sendiri merupakan standar patokan bunga yang digunakan di tingkat internasional dengan besaran sekitar 5-6%

Menurut dia, Indonesia saat ini membutuhkan pembiayaan defisit hingga lebih dari US$80 miliar yang akan ditutupi melalui sumber dalam dan luar negeri.

"Untuk mempertahankan situasi fiskal yang kondusif, pemerintah butuh sumber pembiayaan yang favourable. Kami ingin Indonesia dapat memanfaatkan pinjaman kami untuk kepentingan masyarakat," katanya.

Defisit pada APBNP 2008 disepakati sebesar 2,1% dari PDB atau sekitar Rp88,1 triliun. Dengan tingkat defisit tersebut, pemerintah memutuskan untuk menambah pinjaman program dari US$2,1 miliar pada APBN 2008 menjadi US$2,9 miliar.

Sebelumnya, Bank Dunia telah menawarkan pinjaman proyek sebesar US$500 juta untuk proyek-proyek infrastruktur. Sedangkan komitmen pinjaman program Bank Dunia untuk tahun ini adalah sebesar US$1 miliar. (*/lin)

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.